Sabtu, 18 Agustus 2018

Pekarong: Program Inovasi Terbaru Pemkot Makassar

4 bulan yang lalu | 4:15 pm
Pekarong: Program Inovasi Terbaru Pemkot Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (12/1/2018) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di bawah kepemimpinan Mohammad Ramdhan Pomanto terus melahirkan program-program inovasi pelayanan masyarakat. Teranyar, Pemkot Makassar melalui Dinas Pemadam Kebakaran menghadirkan Pemadam Kebakaran Lorong atau Pekarong.

Wali Kota Makassar, Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, menyampaikan Pekarong merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan untuk secara khusus melayani lorong-lorong yang rawan kebakaran. Terlebih, armada pemadam kebakaran terkadang kesulitan menjangkau ke dalam lorong.

“Kebakaran harus dicegah dengan menghindari faktor risiko terjadinya kebakaran. Kalaupun terjadi, penanganan 4 menit awal sangat menentukan, makanya perlu (Pekarong). Semakin cepat tertangani semakin sedikit korban, baik materi ataupun nonmateri,” kata Danny, di Makassar.

Pekarong sendiri berbentuk sederhana, terdiri dari tandon berkapasitas 2 kubik atau 2.000 liter air. Juga terdapat mesin pemompa portable yang dilengkapi konektor dan selang air dengan daya jangkau hingga 150 meter. Alat itu juga dilengkapi lonceng yang berfungsi sebagai alarm saat terjadi kebakaran dan Alat Pemadam Api Ringan alias Apar berupa tabung yang berisi karbondioksida sebagai bahan pemadamnya.

Inovasi Pekarong pertama kali diresmikan Wali Kota Makassar di Jalan Flamboyan Barat, Kelurahan Kampung Buyang, Kecamatan Mariso, Minggu lalu. Kehadiran program itu pun mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Diharapkan inovasi itu bisa menekan timbulnya korban bila terjadi kebakaran.

Danny mengungkapkan keberadaan Pekarong terbilang penting. Karena itu, ia berinisiatif untuk menambah anggaran pengadaan Pekarong di APBDP 2018. Harapannya, alat tersebut dapat memberikan bantuan teknis ekstra cepat sebelum armada pemadam tiba di lokasi kebakaran. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com