Sabtu, 19 September 2020

PD Parkir Makassar Gagas Parkiran Khusus Sepeda di Area CFD

3 minggu yang lalu | 3:23 am
PD Parkir Makassar Gagas Parkiran Khusus Sepeda di Area CFD

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (8/8/2020) – Aktivitas bersepeda banyak digandrungi masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini membuat PD Parkir Makassar Raya mengeluarkan inovasi terbaru. Perusahaan naungan Pemkot Makassar ini menggagas fasilitas parkir khusus sepeda.

Dirut PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah Gaffar mengaku sedang melakukan kajian untuk bisa memberikan area parkir khusus untuk sepeda. Rencananya parkiran khusus ini akan disiapkan di kawasan car free day (CFD). “Kita siapkan satu atau dua titik pada area tertentu di kawasan CFD,” ungkap Irham Syah.

Dia memastikan parkiran khusus sepeda ini aman. Selain dijaga juru parkir, ia juga menyiapkan gembok khusus. Pengendara bisa menitipkan sepeda miliknya tanpa dipungut biaya alias gratis. “Sementara kita berpikir untuk tidak memungut retribusi, jadi kita gratiskan,” ujarnya.

Parkiran sepeda ini, kata dia, dibuat agar masyarakat yang masuk di area CFD tidak membawa sepeda mereka sebab bisa berpotensi mengganggu peserta CFD yang lain.

Apalagi CFD selama ini memang ditujukan untuk area santai tanpa kendaraan. Sejauh ini ada tiga titik CFD di Kota Makassar yang diancang-ancang menjadi lokasi percontohan untuk parkir sepeda.

Lokasi tersebut yakni CFD Jl Sudirman, CFD Jl Penghibur (Pantai Losari) dan CFD Jl Boulevard (Panakkukang). Hanya saja lebih jauh, Irham menjelaskan, parkiran gratis sepeda dihadirkan jika memang sudah ada intruksi area CFD sudag mulai dibuka secara resmi. “Syaratnya tentu dilihat dulu kapan buka ini CFD sehingga kita bisa lihat dan kaji lokasi yang bisa kita manfaatkan untuk area parkir sepeda dimana yang cocok,” jelasnya.

Anggota Komisi D DPRD Makassar, Yeni Rahman mendukung wacana dari PD Parkir untuk membuat parkir khusus sepeda. Menurutnya pemerintah harus tanggap dan responsif melihat fenomenan masyarakat bersepeda. Baca Lagi : Pemerintah Tegaskan Belum Izinkan Car Free Day di Makassar

Jangan sampai juga mengganggu pengguna jalan lainnya misalnya area CFD yang justru ingin bersantai. “Cocok mi itu. Supaya lebih tertata. Namanya juga CFD kan. artinya tidak ada kendaraan di are itu,” tandas Yeni Rahman.


Penulis : nafli mu
Editor : nafli mu
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com