Rabu, 13 Desember 2017

Pasar Sentral Terbakar, DPRD Akan Panggil Pihak Pengelola

3 tahun yang lalu | 7:41 am
Pasar Sentral Terbakar, DPRD Akan Panggil Pihak Pengelola

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar akan memanggil pengelola pasar sentral, PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR) untuk dikonfirmasi atas insiden kebakaran pasar sentral, Rabu (7/5) lalu.

Ketua Komisi A Rahman Pina mengatakan kehadiran pengelola pasar sentral tersebut untuk mengetahui nasib aset yang merugikan ribuan pedagang yang ditaksir mencapai Rp 2 Triliun.

“Kita perlu adanya penjelasan dan klarifikasi dengan adanya insiden ini karena dari data yang telah kami terima ada sekitar ribuan pedangan yang kehilangan kiosnya. Sebagai wakil rakyat kami akan inisiasi pertemuan ini untuk mencari solusi. Anda sendiri juga sudah tahu kebakaran pasar sentral ini terjadi setiap tahun,” tegasnya.

Legislator dari partai Golkar juga akan memanggil pihak lain yang terkait, termasuk PD Pasar, Kepala Badan Aset, Camat Bontoala, lurah dan Polsekta Pelabuhan Makassar.

“Kita panggil kepolisian untuk memastikan penyebab kebakaran karena dari informasi yang kami himpun ada yang menyatakan dibakar, ada juga yang menyatakan terbakar, saya kira ini perlu adanya penjelasan kepolisian dari hasil penyelidikannya,” imbuhnya.

Terpisah anggota komisi A dari partai PPP Busranuddin Baso Tika mengatakan akan meminta tidakan apa yang dilakukan Pemkot setelah kejadian tersebut.”Kita mau tau bagaimana sikap Pemkot untuk kelanjutan ribuan pedagang yang kios atau alapknya terbakar,” ujarnya dengan singkat.

Humas PD Pasar Makassar, Asnawi, yang dihubungi terkait rencana pemanggilan ini lebih memilih bungkam.” Maaf dek, kita dilarang bicara sama bapak (direktur umum, Red) masalah pasar sentral, ” kata Asnawi.

Asnawi menambahkan, pihaknya akan memberikan informasi setelah PD Pasar telah bicara dengan perwakilan pemilik lods, dan asosiasi pedagang pasar sentral, yang diperkirakan menemui titik terang akhir pekan ini.

Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Endi Sutendi mengatakan tidak ingin berspekulasi terkait penyebab kebakaran. Menurutnya kasus ini masih dalam tahap penyelidikan serta mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi.

“Kasus ini masih didalami Polres Pelabuhan, Tim laboratotium dan forensik juga masih bekerja dipangan. kalau hasilnya sudah ada kami akan sampaikan kepublik,” tegasnya.

Sebelumnya ribuan pedagang telah mendatangi Balaikota makassar meminta ganti rugi kepada pemrintah kota Makassar. (IR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com