Selasa, 23 Oktober 2018

Pariwisata jadi Tujuan Wisatawan, Perekonomian Makassar Meningkat

2 bulan yang lalu | 11:28 am
Pariwisata jadi Tujuan Wisatawan, Perekonomian Makassar Meningkat

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (18/7/2018) – Perkembangan ekonomi di sektor pariwisata Kota Makassar telah mengalami peningkatan. Saat ini Kota Makassar menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rusmayani Madjid mengatakan, jika dilihat dari jumlah wisatawan ke kota Makassar di tahun 2017, cukup besar wisatawan mancanegara yang datang.

Yakni sebanyak 120 ribu orang dan untuk wisata nusantara (wisnus) sebanyak 5 juta orang. Rusmayani menganggap, hal ini termasuk dari pergerakan perekonomian Kota Makassar.

“Dengan ini telah ada pergerakan ekonomi Kota Makassar ditambah dengan banyaknya orang berkunjung. Tentunya itu ada pergerakan ekonomi Makassar yang menguntungkan di bidang kuliner, transportasi, perhotelan dan wisata bahari,” ujarnya saat ditemui di Hotel Quality, Rabu (18/7/2018).

Di sisi lain, Pemerintah Kota Makassar juga telah mengembangkan daerah kawasan pesisir dan laut Kota Makassar secara langsung dan tidak langsung.

Contohnya wisata Pantai Losari, Pantai Akkarena, Pantai Tanjung Bunga, dengan kegiatan wisata seperti berperahu, berenang, sky air, wisata memancing, wisata “theme park dan outbound” yang dikembangkan adalah di Trans Studio dan Pantai Akkarena.

Wisata sejarah dan budaya yaitu Benteng Rotterdam, Benteng Sombaopu, Taman Miniatur Sulawesi Selatan, dan Pelabuhan Rakyat Paotere.

“Belum lagi banyaknya event-event yang diselengkarakan pemerintah Kota Makassar dan juga perusahaan-perusahaan swasta Makassar yang bisa menarik kunjungan wisatawan ke Kota Makassar,” lanjut Rusmayani Madjid.

Dengan adanya trend-trend yang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maka semakin bayak pula wisatawan yang berkunjung di Makassar.

“Kita akan kembangkan lagi kuliner yang ada di Makassar, dan untuk sementara kami akan memperbaiki destinasi-destinasi dan menambah event-event di Kota Makassar karena semakin banyak event di Kota Makassar dan destinasi Makassar yang lebih baik maka wisatawan akan lebih lama untuk tinggal di Makassar,” tambah Rusmayani. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com