Rabu, 15 Agustus 2018

Palu Dapat Hibah Rp5 M untuk Air Bersih

2 tahun yang lalu | 9:19 am
Palu Dapat Hibah Rp5 M untuk Air Bersih

Baca Juga

PALU, WARTATIMUR.COM (Pemkot bakal mendapat kucuran dana hibah dari APBN sebesar Rp5 M. Hibah sebesar itu akan digunakan untuk proyek pipanisasi air bersih  PDAM Palu.

Hibah ini dipastikan akan cair pada 2016 mendatang. Kepastian itu setelah pemkot dan dewan bersama-sama mengkonfirmasi hal itu pada kementerian terkait belum lama ini.Ketua Dewan Kota, M Iqbal Andi Magga mengatakan sebagai syarat untuk mendapatkan dana hibah tersebut, pemkot harus menyediakan pula dana pendamping yang senilai total dengan dana hibah yang diberikan pusat.

“Jadi sebagai kompensasi, kita harus siapkan pula dana pendamping yang jumlahnya setara dengan dana hibah.Artinya kita juga harus siapkan Rp5 M seperti jumlah dana hibah tersebut,”ujarnya.

Dengan total alokasi anggaran yang mencapai Rp10 M, Iqbal berharap PDAM lebih giat lagi bekerja untuk menghidupkan perusahaan itu.Selama ini seperti diketahui, PDAM hanya bisa menerima suntikan anggaran dari APBD namun belum bisa memberikan konstribusi bagi PAD Kota Palu.

Iqbal berharap dengan adanya suntikan anggaran yang besar ini, perusahaan plat merah milik pemkot ini tak lagi keteteran untuk  melayani pemenuhan air bersih warga Palu.Karenanya PDAM diimbau agar transparan soal data pelanggan dan wilayah yang belum tersentuh PDAM.

“Jangan sampai hanya menyebutkan sudah masuk pipa disana, tapi airnya belum masuk. Jadi, harus benar-benar tuntas,” tegasnya.Dengan kucuran anggaran tersebut, juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja PDAM yang berujung pada sumbangsih bagi PAD di masa mendatang.

Dewan kata Iqbal akan mendorong pengalokasian dana pendamping hibah sebesar Rp5 M dari APBD 2016.
Dia optimistis itu bisa terwujud. “Tahun depan kita sudah tidak lagi anggarkan untuk Pilkada. Karena sudah di tahun ini,” sebutnya.

Tahun depan juga pemkot dipastikan akan menerima sejumlah aliran dana segar dari pusat. Di antaranya dana tambahan selain APBN untuk kabupaten/kota yang terpilih kemudian DAK.  ‘‘Insya Allah kita bisa. Kita juga dapat anggaran dari pusat sebagai prestasi atas kinerja pemerintah kita dalam pengelolaan anggaran,” ujarnya. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com