Rabu, 20 November 2019

Pakai TPE, PD Parkir Makassar Raya Klaim Raih Untung 3 Kali Lipat

1 bulan yang lalu | 10:57 am
Pakai TPE, PD Parkir Makassar Raya Klaim Raih Untung 3 Kali Lipat

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (5/9/2019) – Pemakaian mesin Terminal Parkir Elektronik (TPE) memberikan dampak positif pada pendapatan daerah. Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Satriani Ulfa Mungkasa, mengklaim perusahaan yang dipimpinnya meraih keuntungan hingga tiga kali lipat sejak mesin TPE diterapkan.

“Tiga kali lipat dari biasanya (pendapatan),” ucap Satriani, kepada SINDOnews.

Kendati demikian, pihaknya tidak mengetahui secara pasti besaran nominal pendapatan yang dihasilkan dari mesin elektronik tersebut. “Alat inikan baru dipasang di tiga titik jadi belum sampai miliaran lah keuntungannya,” ucapnya.

Kendati mengklaim keuntungan tiga kali lipat, namun Satriani mengaku sejauh ini tingkat kesadaran masyarakat untuk menggunakan mesin TPE dalam membayar parkir masih minim.

Terbukti, masih banyak masyarakat yang membayar parkir langsung kepada juru parkir (jukir). Padahal, kata dia, jika penggunaan TPE diterapkan secara maksimal maka bisa meningkatkan pendapatan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. “Masyarakat belum bisa diajak untuk disiplin supaya mereka memakai alat itu (TPE). Jadi, masih membayar ke juru parkir,” ungkapnya.

Dia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mulai menggunakan kartu e-toll. Pasalnya, kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar parkir melalui mesin TPE sehingga tidak lagi membayar melalui jukir.

Pihaknya juga mewanti-wanti kepada jukir yang berada di wilayah parkir elektronik untuk tidak menerima pembayaran parkir secara tunai. “Kami kenakan sanksi kalau kami menemukan itu, bahwa dia tidak jadi jukir lagi disitu. Jadi, kami imbau kepada masyarakat jangan membayar ke jukir tunai tapi pakai e-toll,” tegasnya.

Meski mendatangkan keuntungan, namun PD Parkir belum bisa memastikan untuk tetap melanjutkan kerjasama dengan PT Kinarya Terbaik Indonesia selaku pihak ketiga. “Kami akan meninjau lagi, melihat kondisi. Tapi kalau dari kami kalau bisa semuanya kita pakaikan mesin TPE,” tutupnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com