Selasa, 17 Oktober 2017

Orkes Tradisional To’ Riolo’ Iringi Pembukaan MTGF 2016

11 bulan yang lalu | 12:37 pm
Orkes Tradisional To’ Riolo’ Iringi Pembukaan MTGF 2016

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (29/10/2016) – Lantunan suara alat-alat musik tradisional Makassar dengan nada harmonis terdengar di suana remang malam kota Makassar. Suara yang terdengar dari salah satu destinasi wisata sejarah kota Daeng, Monumen Nasional Pembebasan Irian Barat, ternyata dari kelompok musik pemuda yang memainkan Orkes To’ Riolo’.

Sangat jarang musik ini terdengar lagi di masyarakat sekarang. Orkes To’ Riolo’ ini menjadi penanda event Makassar Traditional Games Festival (MTGF) ke-VI atau MTGF 2016 dibuka, Sabtu malam (29/10/2016). Beberapa lagu daerah dinyanyikan oleh sang vokalis diantara Bulu’ Alaung Na’ Tempe.

Di acara open ceremony MTGF 2016, hadir sebagai tamu undangan sekaligus didaulat membuka acara yakni Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar, Rusmayani Madjid. Pada kesempatan itu ia mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Komunitas Jalan-Jalan Seru (JJS) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata.

“Ini merupakan salah satu kegiatan yang bernilai positif terutama bagi anak-anak maupun remaja, ditengah gempuran games yang bercirikan individualis, penting untuk mengimbangi dengan tetap menjaga dan melestarikan permainan tradisional yang bersifat kolektif,” tuturnya.

MTGF 2016 ini akan berlangsung hingga Minggu (30/10/2016). Tercatat 14 permainan tradisional bisa dimainkan oleh para pengunjung baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu sebanyak 40 stand kuliner juga akan memanjakan para pengunjungvyang berburu wisata kuliner Makassar.

Bahkan penyelenggara juga menyediakan 10 stand khusus makanan tradisional yang diperuntukan secara gratis bagi pengunjung pada Pukul 15.00 Wita hingga 16.30 Wita. “Jadi ada banyak hal yang seru termasuk kuliner gratis,” kata ketua panitia, Andi Farmi. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com