Selasa, 12 Desember 2017

Open Goverment Partnership, Dorong Pemerintahan Transparan

1 minggu yang lalu | 12:47 pm
Open Goverment Partnership, Dorong Pemerintahan Transparan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (20/11/2017) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makasssar melaunching Open Goverment Partnership (OGP) sebagai upaya untuk membangun pemerintahan yang transparan, di Gedung Balaikota, Jalan Ahmad Yani, Senin (20/11/2017).

Makassar merupakan satu dari enam daerah di Indonesia yang menerapkan sistem pemerintahan yang transparan. OGP ini adalah sebuah komitmen pemerintahan terbuka yang diinisiasi oleh tujuh negara pada September 2011, lalu.

“Sebenarnya kita sudah lama menerapkan ini, dan mereka apresiasi ini makanya kita tinggal memframing semua dalam bentuk kerjasama,” kata Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Danny Pomanto.

Meski diakui Danny sudah lama menerapkan sistem pemerintahan yang transparan, namun ia masih perlu banyak melakukan perubahan dan perbaikan birokrasi. Sebab kata dia, saat ini baru sebagian besar birokrasi yang memahami cara kerja, semangat dan tujuan pemerintahan yang transparan.

“Saat ini baru sebagian artinya baru tingkatan level atas yang memahami cara kerja, semangat dan tujuan kita. Nah, untuk mereka yang dibawah kita masih perlu kerja keras,” lanjutnya.

Menurutnya, kelemahan mendasar adalah kebijakan pemerintah pusat yang seringkali berubah-ubah. Artinya, ketika kebijakan itu belum sepenuhnya terealisasi, pemerintah kembali melakukan perubahan, dan ini menjadi hal yang berbahaya.

“Saya melihat kelemahan mendasar yang jadi persoalan kita pertama adalah regulasi yang kita miliki mulai dari tataran undang-undang, perpres, kepmen, dan tataran di bawahnya. Pemerintah daerah punya inovasi yang bertujuan menangkap perubahan, tapi ada hal yang sama sekali tidak bisa kita tangkap yaitu perubahan kebijakan, katena belum selesai satu berubah lagi dan ini yang paling berbahaya dalam berbagai kebijakan,” jelas Danny


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com