Selasa, 20 November 2018

Nasib Veteran yang Tak Tersentuh Pemerintah

4 tahun yang lalu | 10:34 am
Nasib Veteran yang Tak Tersentuh Pemerintah

Baca Juga

BANDUNG, WARTATIMUR.COM – Sungguh miris rasanya melihat seseorang yang dulu berjuang demi kemerdekaan Indonesia kini menjadi tukang timbang keliling. Namanya Emin Dudung dan biasa dipanggil Udung. Identitasnya terkuak saat Nadiah Nurul Fauziah, seorang pelajar Bandung bertemu dengan Udung yang menawarkan jasanya.

Gambaran Udung terus terbesit di kepalanya dan didorong rasa iba. Ia lalu mencari tahu soal Udung. Ternyata Udung merupakan mantan pejuang angkatan 45 seperti tertulis dalam kartu anggota veteran miliknya. Tak ingin minta-minta, ia menawarkan jasa timbang badan dengan tarif seikhlasnya demi sesuap nasi setiap hari.

Udung sendiri mungkin hanyalah satu di antara pejuang lainnya yang terus berusaha menyambung hidup mereka. Setiap tahun di tanggal 17 Agustus hari kemerdekaan Indonesia diperingati dengan upacara besar-besaran yang menelan anggaran negara yang tak sedikit.

Untuk tahun 2014 saja, pemerintah menghabiskan Rp 11,3 miliar. Namun, upacara semegah itu tak sedikitpun mengubah nasib pejuang kemerdekaan seperti Emin Dudung. Nasib mereka memang jarang tersentuh perhatian pemerintah, padahal dari tetesan darahnyalah 250 juta rakyat Indonesia bisa menghirup udara meredeka. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com