Kamis, 5 Desember 2019

Monumen Mandala, Wisata Sejarah di Tengah Kota

4 tahun yang lalu | 6:47 pm
Monumen Mandala, Wisata Sejarah di Tengah Kota

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (27/5/2015) – Setiap kali berkunjung ke sebuah kota ada kalanya mata kita tertuju kepada tempat-tempat yang tinggi. Misalnya saja Jakarta dengan monasnya, paris dengan menara eifelnya, kuala lumpur dengan menara petronasnya, dan beberapa kota lainnya dengan menara yang tingginya. Nah, makassar juga ada monumen mandala yang berdiri kokoh di sekitaran jalan Sudirman.

Saat berkunjung ke Makassar tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Monumen Mandala. Sebuah monumen yang dibangun sebagai wujud penghormatan dan mengenang pahlawan dalam membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah. Bangunan ini dibangun selama dua tahun yakni mulai pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996.

Bangunan ini terdiri dari empat lantai dimana setiap lantainya menggambarkan peristiwa yang terjadi pada zaman dulu. Yakni pada lantai pertama adanya relief dan replika peralatan dan kehidupan masyarakat Sulawesi selatan pada abad tujuh belas.

Kemudian di lantai kedua adanya relief yang menggambarkan perjuangan para pahlawan pembebasan Irian Barat, lantai ketiga replika ruangan kerja panglima mandala yang dilengkapi dengan dokumentasi seperti foto-foto, tanda jabatan, pakaian, dan tentunya peta Irian Barat. Bagi yang ingin menikmati kota Makassar dari ketinggian 75 meter dari permukaan tanah, lantai empat menyediakan fasilitas tersebut.

Monumen ini merupakan salah satu bukti sejarah perjuangan yang di desain secara menarik, dimana monumen mandala yang berbentuk segitiga sama sisi sebagai simbol Trikora (tiga komando rakyat). Pada bagian dasar monumen terdapat relief kobaran api yang menggambarkan semangat dari Trikora itu.

Mungkin sebagian pengunjung bertanya-tanya, kenapa Monumen Pembebasan Irian Barat itu ditempatkan di kota Makassar? Jawabanya adalah karena kota makassar pada zaman itu dipilih sebagai pusat markas komando mandala.

Selain itu, ada beberapa fasilitas tambahan bagi yang mengunjungi monuman mandala ini yakni bagi pengunjung yang membutuhkan informasi Sulawesi selatan ada beberapa gallery yang menyediakan informasi tentang Sulawesi selatan. Bagi keluarga yang membawa anak-anak juga tersedia tempat bermain anak.

Bagi komunitas atau keluarga yang membutuhkan tempat untuk ngumpul juga tersedia gazebo-gazebo, bagi yang ingin melaksanakan shalat juga tersedia mushallah, bagi yang doyan cokelat juga tersedia baruga cokelat, dan bagi yang hobby selfian dari ketinggian bisa melakukannya dari monumen mandala ini. (Alamsyah)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com