Selasa, 23 Oktober 2018

Mie Titi Khas Makassar yang Menggoyang Lidah

2 tahun yang lalu | 6:10 am
Mie Titi Khas Makassar yang Menggoyang Lidah

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (27/3/2016)Jalan-jalan ke Makassar pastinya gak pengen kan melewatkan berbagai kuliner khas yang menggoda seperti sop konro, es pisang ijo, wedang sarabba, barongko, dan masih banyak lagi lainnya yang enak-enak, hehe. Satu lagi nih yang wajib dicicipi saat ke Makassar, mie titi sebutannya.

Mie titi merupakan mie kering khas Makassar. Mie ini disajikan dengan kuah kental dipadu dengan irisan ayam, udang, jamur dan cumi. Sekilas memang seperti spaghetti. Berbagai sayuran sebagai pelengkap seperti wortel, sawi, dan bunga kol pun tak ketinggalan.

Uniknya, mie goreng ini terasa renyah sampai saat dikunyah bunyi kriuk kriuk. Rasa gurih juga terasa dari kuah yang dituang di atas mie. Hmm, perpaduan yang akan menggoyang lidah.

Perlu anda ketahui kalau mie titi ini sudah terkenal semenjak tahun 70-an, lho. Awalnya mie ini dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang tinggal di pesisir Makassar dan digemari oleh penduduk pribumi dan meluas ke masyarakat umum.

Mie khas Makassar ini dapat ditemukan di rumah makan yang ada di sekitar Makassar, salah satu rumah makan yang menawarkan mie titi ini berada di Jalan Irian dan Jalan Boulevard Ruko Rubi II, Panakukkang, Makassar. Harganya pun cukup terjangkau sekitar 15.000 rupiah per porsi.

Rasanya sayang untuk melewatkan kuliner yang satu ini bila ke Makassar. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com