Jum'at, 24 November 2017

Mensos: Kesetiakawanan Sosial Menuju Indonesia Sejahtera

3 tahun yang lalu | 3:54 pm
Mensos: Kesetiakawanan Sosial Menuju Indonesia Sejahtera

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI), Salim Segaf Al Jufri, yang membuka secara resemi peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang dipusatkan di Lapangan Karebosi Makassar, Sabtu (21/12), berharap kesetiakawanan sosial dapat membawa Indonesia yang sejahtera.

Salim Segaf Al Jufri dalam sambutannya mengatakan kemajemukan merupakan anugerah terbesar bagi bangsa Indonesia. Ribuan pulau, ragam suku bangsa, bahasa, dan agama merupakan modal sosial menjadi bangsa besar dan beradab dengan kesetikawanan sosial.

“Kesetiakawanan sosial merupakan modal sosial yang bersumber dari kearifan lokal yang telah mengakar di masyarakat melalui tradisi, misalnya gotong royong, lumbung kesetiakawanan sosial, adopsi orang miskin, gerakan nasional orang tua asuh, serta bersih desa,” kata Salim Segaf.

Menurutnya, Indonesia saat ini dihadapkan dengan berbagai masalah kesejahteraan sosial seperti kemiskinan, keterlantaran, ketunaan, keterpencilan, dan kebencanaan dengan jumlah yang signifikan, sehingga peran serta masyarakat menjadi strategis.

“Peringatan HKSN diharapkan menjadi alat pengungkit untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat, dimulai di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. HKSN berperan sebagai wujud upaya percepatan terwujudnya Indonesia yang baru, Indonesia yang sejahtera,” tegas Salim Segaf.

Acara yang diguyur hujan deras ini dihadiri tokoh-tokoh nasional seperti ketua DPR-RI Marzuki Alie, Ketua DPD RI Irman Gusman, Agung Laksono, Gubernur dan walikota/bupati Se-Indonesia, dan beberapa pejabat daerah di Sulsel. (NR)


Penulis : Nirwan
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com