Sabtu, 26 Mei 2018

Menjelajahi Kuliner Makassar dalam Sehari

3 minggu yang lalu | 6:00 am
Menjelajahi Kuliner Makassar dalam Sehari

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (26/4/2018) – Makassar tidak hanya menyajikan berbagai tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi, namun juga mempunyai berbagai makanan lezat yang harus kamu cicipi. Terkadang, orang-orang hanya menentukan destinasi tempat wisata saja, namun lupa untuk menentukan tempat makan khas kota tersebut.

Sehingga, yang terjadi adalah “Makan di mana saja yang penting makan”. Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ini sudah kami rangkum beberapa wisata kuliner Makassar yang bisa kamu jadikan pedoman untuk berkeliling kota Makassar dalam seharian.

Untuk menu pagi hingga menjelang siang, Coto Makassar adalah pilihan yang tepat. Coto Makassar merupakan salah satu makanan khas atau tradisional yang ada di Makassar. Coto Makassar mirip dengan soto seperti di daerah lainnya. Namun yang membedakan antara Coto Makassar dan soto lainnya adalah penggunaan kacang tanah sangrai sebagai salah satu bumbu halus.

Ada dua kedai coto yang cukup populer di Makassar yaitu Coto Nusantara yang lokasinya di Jalan Nusantara dan tidak jauh dari Benteng Rotterdam dan Pantai Losari. Sedangkan yang satu lagi adalah Aroma Coto yang berada di Jalan Gagak no 27. Warung coto ini terlihat sangat biasa dan tidak ada pendingin udara. Hanya ada jajaran kursi yang selalu dipadati oleh pengunjung.

Pada siang hari cicipi Es Pisang Ijo Makassar. Es pisang ijo disukai di Kota Makassar karena cuaca di Makassar yang cenderung panas. Dengan menyantap es pisang ijo di siang hari yang terik, kerongkongan kamu akan menjadi lebih sejuk.

Kamu bisa menemukan Es Pisang Ijo di Pisang Ijo Bravo. Itu adalah nama tempat makan pisang ijo yang terkenal di Makassar. Bahkan, jika kamu bertanya ke penduduk lokal tentang lokasi tempat makan pisang ijo paling enak, mungkin mereka akan menjawab, “Bravo!”. Pisang Ijo Bravo terletak di JL. Andalas, No. 145, Makassar. Harga satu porsi es pisang ijo Rp. 14.000,-

Untuk menutup wisata sehari di Makassar, cobalah Konro Bakar dan Sop Konro Karebosi. Di antara semua pilihan kuliner Makassar, rasanya belum ke Makassar kalau belum mencicipi hidangan Sop Konro dan Konro Bakar.

Sop Konro merupakan kuliner khas Makassar berupa sop dari iga sapi atau daging sapi. Iga (konro) biasanya dimasak langsung dan dihidangkan dalam kuah sop, namun dapat juga divariasikan dengan iga (konro) bakar yang disajikan terpisah dari kuah sop yang kini dikenal dengan nama Sop Konro Bakar. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com