Kamis, 16 Agustus 2018

Menakjubkan.. Makassar Punya Pulau Berbentuk Love

2 tahun yang lalu | 3:30 am
Menakjubkan.. Makassar Punya Pulau Berbentuk Love

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (4/6/2016) – Kota Makassar tercatat memiliki 11 pulau yang menjadi tempat tinggal sebagian besar warga yang berprofesi sebagai nelayan. Tidak hanya sebagai tempat tinggal, pulau pulau ini pun sudah menjadi tujuan wisata setiap akhir pekan.

Tapi ada satu fakta tentang pulau yang dimiliki Kota Makassar. Tapi tidak banyak diketahui warga atau wisatawan. Pulau ini terlihat jelas dari pinggir pantai barat kota. Hanya butuh waktu sekitar 7 sampai 10 menit untuk sampai.

Jika dilihat dari darat, pulau ini tampak seperti pulau lain. Tapi ketika dilihat dari atas, ternyata pulau ini memiliki bentuk menyerupai simbol Love atau simbol hati yang digunakan sebagai tanda cinta. Namanya pulau Kahyangan.

“Pada era 1980, pulau ini adalah pulau favorit warga Makassar,” kata Uni, warga Makassar yang sekarang menetap di Jakarta kepada Makassar Terkini Minggu 3 April 2016.

Uni mengatakan, pulau Kahyangan sering dijadikan tempat menggelar bazar dan festival music mahasiswa. “Pulau Kahyangan adalah pulau yang wajib Anda kunjungi jika berada di Makassar. Banyak kenangan dan cerita di pulau ini bersama dengan teman-teman kampus,” katanya.

Pulau Kahyangan memiliki luas sekira satu hektare. Masuk dalam wilayah administratif Kelurahan Bulo Gading, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar. Pulau ini sudah tenar sejak tahun 1960-an. Tapi meredup pamornya karena kurang promosi.

Jika kota Makassar dikenal juga dengan sebutan Ujung Pandang, maka pulau Kahyangan juga memiliki sebutan sejak dari dulu, Marrouw atau Meraux. Artinya Kahyangan. Banyak kenangan manis warga Makassar saat masa muda mereka di Kahyangan.

“Semoga pulau ini bisa hadir kembali di tengah-tengah masyarakat Makassar. Dijadikan sebagai lokasi wisata wajib di kota Makassar,” kata Uni.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com