Sabtu, 20 Oktober 2018

Membaca “Perang Kota”, Mengungkap Peristiwa Politik Makassar

4 tahun yang lalu | 10:27 am
Membaca “Perang Kota”, Mengungkap Peristiwa Politik Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Buku “Perang Kota” yang baru saja terbit, mengungkap berbagai peristiwa penting dan fenomenal di balik Pemilihan Walikota Makassar 2013 lalu. Karangan Rahmad M. Arsyad ini merupakan bentuk naratif dari hasil riset yang dilakukan oleh Indonesia Development Engineering and Consultant (IDEC) selama proses pemilihan walikota Makassar berlangsung.

Sebagai sebuah karya yang lahir dari riset, Rahmad menyajikan rekaman fakta, peristiwa, dan analisis di balik berbagai kejadian politik selama pemilihan Walikota Makassar.

Rahmad, dalam buku ini, mengibaratkan Pilwali Makassar seperti sebuah perang. Pasalnya, selain jumlah kontestan sebanyak 10 kandidat pasangan calon, kontestasi Pilwali Makassar juga memunculkan pertarungan tiga elit penentu yang menjadi kunci di balik berbagai peristiwa politik untuk konteks Makassar.

“Pada konstetasi dan konstalasi pertarungan politik ajang pemilihan Walikota Makassar melibatkan tiga elit yang dikenal luas oleh publik Sulawesi Selatan, yakni Syahrul Yasin Limpo, Ilham Arief Sirajuddin, dan Nurdin Khalid. Semua itu (pertarungan elit) dikupas tuntas dalam buku ini,” ungkap doesn Bina Nusantara ini, saat ditemui di kantor IDEC, Kamis (6/3).

Direktur riset IDEC ini juga menguraikan sosok dua calon perempuan yang juga turut meramaikan ajang pemilihan walikota Makassar. Keadilan gender, kapasitas perempuan, serta menyangkut sikap masyarakat tentang model kepemimpinan perempuan di era demokrasi saat ini.

“Selain itu, juga dimunculkan hasil riset yang menguraikan bagaimana perspektif pemilih dalam menyikapi pertarungan politik yang begitu gaduh dan ramai, sekaligus memberikan pemetaan tipologi pemilih di Makassar,” tambahnya.

Pilwali Makassar bisa menjadi sebuah studi dan rujukan penting bagi sejumlah pihak untuk dikaji lebih dalam utamanya dalam upaya melihat kembali proses demokrasi langsung, yang di tahun 2014 ini memasuki usia 10 tahun. (NM)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com