Senin, 21 Mei 2018

Massa Aksi Bertambah Hingga 300 Orang

3 tahun yang lalu | 6:42 am

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Ratusan massa yang menggelar aksi unjuk rasa terkait kasus sengketa lahan di kelurahan Pandang Raya Makassar, Selasa (23/9), bertambah hingga sekitar 300 massa, dari jumlah sebelumnya 200 massa setengah jam yang lalu. Ratusan massa yang menggelar aksi sejak pukul 10.00 Wita tadi pagi ini tergabung dalam alinasi masyarakat sipil untuk kasus tanah pandang raya.

Tak hanya dari kelompok mahasiswa, ratusan massa yang menuntut keadilan untuk warga kelurahan Pandang Raya ini juga berasal dari lembaga luar kampus seperti FIK Ornop Sulsel dan ACC Sulsel. Selain itu, warga Pandang Raya korban penggusran 12 September lalu juga ikut dalam kerumunan massa.

Dari pantauan Warta Timur, lembaga-lembaga yang hadir mengikuti jalannya aksi, diantaranya WALHI Sulsel, FIK Ornop Sulsel, SMPR, ACC Sulsel, LBH Makassar, Kontras Makassar, LAPAR, Aliansi Masyarakat Adat Nasional, Solidaritas Perempuan Anging Mamiri, HMI MPO, HMI Cabang Makassar, HMI Cabang Maktim, HMI Cabang Gowa, PB IPMIL, Militan Muda Nusantara, AMPERA, BEM STIMIK, HIMAMI Unhas, BEM TEKNIK UNM, KEMA FBS UNM, BEM Psikologi UNM, Profesi UNM, dan Maestro UNM, dan lain-lain.

Tiga ratusan massa aksi kini memusatkan titik aksi di gedung Pengadilan Negeri Makassar, jalan RA Kartini no.18 Makassar. Massa ingin bertemu dengan Andi Cakra Alam selaku wakil ketua Pengadilan Negeri Makassar, untuk meminta dilakukan peninjauan ulang lokasi sengketa sesuai dengan fatwa Mahkamah Agung RI tahun 2010.

“Kami meminta ada peninjauan ulang lokasi sengketa sesuai fatwa MA. Selama ini, tidak pernah dilakukan peninjauan lokasi. Eksekusi dilakukan sehari setelah putusan, tanpa peninjauan ulang lokasi, padahal fatwa MA itu sejak 2010,” ujar Ayu, salah satu warga pandang Raya yang ditemui di lapangan.

Sementara itu, sekitar 30 aparat kepolisisan bersenjata lengkap tampak berjaga mengawal jalannya aksi.

Meski massa berjumlah ratusan orang, kondisi arus lalu lintas di sekitar jalan Jend. Sudirman dan jalan RA Kartini tetap lancar. Pasalnya, semua massa aksi berada di dalam pekarangan gedung PN.

Hingga berita ini diturunkan, Aksi masih berlangsung damai. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com