Selasa, 20 November 2018

Masih Ingat dengan Minyak Gosok Legendaris Asal Makassar Ini?

2 bulan yang lalu | 5:38 am
Masih Ingat dengan Minyak Gosok Legendaris Asal Makassar Ini?

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (14/8/2018) – Di tengah-tengah terpaan produk-produk berbasis inovasi saat ini, ada salah satu produk yang tetap bertahan dengan membawa cap tradisionalnya. Namanya adalah Minyak Gosok Cap Tawon. Mungkin sebagai orang Makassar, sejak kecil, brand minyak yang satu ini kerap menghiasi penjuru rumah.

Sebab, jenis minyak ini termasuk multifungsi. Selain itu, mulai dari warung-warung kecil hingga toko-toko obat pasti memperdagangkan minyak yang satu ini. Ini beberapa fakta lagi tentang Minyak Tawon asal Makassar berikut!

1. Termasuk Usaha Turun-temurun
Minyak Tawon adalah merek dari usaha turun-temurun. Awalnya usaha tersebut dimulai oleh Lie A Liat pada tahun 1912. Kemudian diteruskan oleh anaknya yang bernama Frans Bani Mattualy sejak tahun 1997. Hingga kini masih beroperasi, usaha ini dilanjutkan oleh anak hingga cucu dari Frans.

2. Awal Mula Berdiri
Mungkin tak banyak yang tahu jika jenis minyak yang satu ini sudah mulai dikenal sejak tahun 1912. Dulunya brand minyak gosok daerah ini digawangi oleh bendera milik PT. T.O Boo Loeng. Tetapi pada tahun 1969 namanya diubah menjadi Tawon Jaya Makassar. Hal tersebut disebabkan adanya larangan nama perusahaan yang berkaitan dengan nama dari Tionghoa kala itu.

3. Masih Tetap Berjaya
Walaupun usaha ini sudah dirintis sejak puluhan tahun yang lalu, namun produknya tak pernah tenggelam lho! Bahkan kian eksis dari waktu ke waktu. Minyak gosok ini pun wajib ada di setiap rumah. Sebab, kegunaannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dulunya minyak ini juga dapat diminum sebagai obat batuk. Ketika diminum maka rasanya akan hambar namun memberikan efek hangat pada tenggorokan.

Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu ada beberapa perubahan pada produk ini. Salah satunya sudah tidak ada lagi tulisan yang menunjukkan jika minyak gosok ini boleh diminum pada kemasannya. Kemungkinan bahan-bahan yang digunakan sudah mengalami inovasi atau adanya beberapa kebijakan tertentu yang diatur oleh departemen kesehatan. Sehingga minyak gosok ini tak lagi boleh diminum.

4. Jadi Buah Tangan
Karena lokasi pabriknya ada di Makassar, maka Minyak Tawon jadi buah tangan yang wajib dibawa pulang oleh para pelancong. Perlu kamu ketahui, jika sejak awal dirintis sampai sekarang kemasan minyak gosok ini tak pernah berubah. Hal tersebut ternyata bagian dari strategi penjualan agar Minyak Tawon senantiasa diingat. Minyak Tawon pun sudah eksis hingga memasuki usia 100 tahun.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com