Selasa, 12 Desember 2017

Makassar Menuju Zero Genangan

1 minggu yang lalu | 12:55 pm
Makassar Menuju Zero Genangan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (18/11/2017) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar bercita-cita menjadikan kota ini terbebas dari genangan air melalui program Zero Genangan. Namun tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Rencana ini tentunya juga membutuhkan bantuan bekapan anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan ataupun pemerintah pusat dan juga dari pihak atau negara pendonor. Meski demikian Dinas PU Makassar saat ini terus melakukan kegiatan pembangunan dan pemeliharaan rutin saluran drainase.

Kepala Dinas PU Makassar, M Anshar belum lama ini enggan berspekulasi terkait dengan adanya rencana bantuan pembangunan menuju Makassar zero genangan.

Baginya bantuan tersebut adalah harapan pasalnya untuk mewujudkan zero genangan pembangunan infrastruktur harus memadai seperti koneksitas saluran sekunder benar-benar maksimal.

“Saat ini pembangunan dan pemeliharaan bagian dari zero genangan termasuk pengangkutan sedimen oleh satgas drainase. Makassar menuju zero genangan air, itu cita-cita. Kalau terwujud harus infratruktur lengkap, misalnya kanal. Kanal inikan belum berfungsi maksimal karena airnya tidak bisa dikontrol,” pungkasnya.

Diketahui dari Rencana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Dinas PU Makassar menargetkan akan menyelesaikan persoalan genangan kritis di 32 titik. Di tahun ini sedikitnya ada delapan titik yang akan dirampungkan. Sehingga proyeksi zero genangan mampu diwujudkan di 2019 akan datang.

Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase, Muh Fuad Azis optimistis mewujudkan zero genangan apalagi berhembus angin segar jika perusahaan JICA akan membantu pembangunan saluran retensi atau aquapon.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com