Sabtu, 21 Juli 2018

Makan Malam dengan Sate Gurita Anti Mainstream

3 bulan yang lalu | 3:07 am
Makan Malam dengan Sate Gurita Anti Mainstream

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (8/1/2018) – Anda mungkin sudah mengenal gurita melalui tayangan televisi atau buku cerita. Hewan laut dengan nama lain Octopus ini identik dengan bentuk lunak mirip cumi dan delapan tentakel. Tapi, tahukah Anda kalau gurita juga bisa dijadikan bahan olahan kuliner?

Di Makassar, ada yang menyajikan gurita dalam olahan sate. Ya, seperti halnya olahan sate lain yang disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil pada lidi tusuk, dan dipanggang di atas bara api. Bedanya hanya pada bahan, di mana umumnya sate diolah dari jeroan sapi, ayam, atau kambing.

Anda bisa merasakan sensasi cita rasa menu ini di warung Sate Gurita Mr Daffa. Warung ini beroperasi setiap hari di jalan Lasinrang nomor 42 kecamatan Makassar. Mulai buka pukul empat petang hingga jelang dini hari.

Sate gurita tersedia dalam tiga varian menu. Yakni saus kacang, dabu-dabu, dan rica-rica. Sebelum dipanggang di atas bara api, daging gurita lebih dulu ditaburi rempah-rempah. Sepintas, tidak ada kesan berbeda dari tampilan menu ini dibandingkan sate daging lainnya. Ciri khasnya ada pada sensasi kenyal, empuk, dan gurih. Penasaran? Coba rasakan sendiri.

Daffa, pemilik warung mengatakan, menu sate gurita merupakan hasil kreasi dari eksperimen coba-coba. Awalnya hanya dikonsumsi sendiri di rumah, sebelum mulai diperkenalkan untuk umum mulai pertengahan tahun 2016.

Sate gurita sengaja dihadirkan sebagai menu alternatif yang unik, di tengah persaingan bisnis kuliner di Makassar. “Saya mencoba menawarkan menu yang anti mainstream,” katanya.

Bagi Daffa, gurita tidak hanya unik. Hewan ini dipilih sebagai bahan karena manfaatnya bagi kesehatan. Meski berpenampilan mengerikan, hewan ini mengandung berbagai protein, vitamin, zat besi dan asam omega-3. Kandungan ini, antara lain bisa mencegah resiko penyakit jantung dan kanker, serta membantu menambah massa otot.

Seporsi Sate Gurita Mr.Daffa bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 17 Ribu. Anda bisa menambahkan nasi atau lontong agar lebih mengenyangkan. Bagi yang tak sempat bertandang ke warung, bisa memanfaatkan layanan pesan antar dengan Gojek. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com