Senin, 22 Oktober 2018

Mahasiswa Turatea Aksi Tolak Seleksi KPU Jeneponto

4 tahun yang lalu | 3:28 am
Mahasiswa Turatea Aksi Tolak Seleksi KPU Jeneponto

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Turatea bersama Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jeneponto akan melakukan unjuk rasa untuk menolak dan meminta Hasil Seleksi KPU Jeneponto diulangi, Jumat (20/12), di Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selata

“Seleksi komisioner KPU Jeneponto dalam melakukan seleksi sangat rancu dan penuh dengan tendensi nepotisme. Mulai dari tahapan administrasi calon komisioner KPU Jeneponto, mundurnya Tim seleksi (Timsel) dan di ambil alih oleh KPU Sulsel menandakan banyaknya dosa dan kesalahan yang dilakukan Timsel,” ungkap Uchu Mattawang sebagai koordinator.

Hal lain yang mereka gugat adalah banyaknya pendaftar yang berasal dari luar Kabupaten Jeneponto bahkan tidak berdomisili di Jeneponto. Sementara diperjelas di UU nomor 15 tahun 2011 tentang KPU yaitu calon komisioner harus berdomisili daerah setempat.

“Salah satu dari sekian banyak temuan, Timsel melanggar kode etik keputusan KPU No.47 poin 4 tentang kode etik timsel yang menyatakan dilarang melibatkan keluarga atau mengikutsertakan keluarga, kepentingan golongan atau pribadi dalam pelaksanakan masa tugas,” jelas pria yang membawa massa aksi sekitar 50 orang ini.

Lebih lanjut disebutkan bahwa dari hasil investigasi mereka, ada 2 keluarga Timsel mengikutsertakan keponakan ketua dan istrinya, sementara sekertaris KPU Jeneponto ikut dalam seleksi tanpa mundur sebagai kuasa pengguna anggaran.

“Hasilnya terjadi surat pemberitahuan palsu bahwa akan di lanjutnya tes kejiwaan, belum lagi Tes kejiwaan yang di hilangkan dalam proses seleksi. Belum lagi Pemeriksa psikologi dengan lembaga yang tidak kredibel kejelasannya secara administrasi,” tambah Uchu. (NF)


Penulis : Nurul Fajri
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com