Jum'at, 24 November 2017

Lingkar Donor Makasar, Harapan Bagi Yang Butuh Darah

4 tahun yang lalu | 9:36 am
Lingkar Donor Makasar, Harapan Bagi Yang Butuh Darah

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Lingkar Donor Darah Makassar (LDM) mungkin salah satu organisasi yang bisa dibilang menjadi harapan pasien yang didesak kebutuhan darah. Organisasi yang lahir 28 November 2012 silam ini menjadi begitu vital semenjak dibentuknya, “Kami menjembatani pasien ketika butuh pendonor, untuk pasien yang butuh kami pun menjadi pendamping buat mereka” kata Usman Saleh penanggung jawab organisasi ini.

Ditemui di Unit Transfusi Darah (UTD) Makassar lokasi siaga mereka, Usman menuturkan awal berdirinya lingkar donor, saat itu ia dan teman yang awalnya tergabung dalam Organisasi Lingkar Mahasiswa Islam Untuk Perubahan (LISAN), bertemu di Rumah Sakit dan masing masing mendampingi seorang pasien yang kekurangan darah.

“Awalnya dari pendampingan, kemudian muncul pertanyaan, pendampingan ini butuh dilanjutkan atau tidak akhirnya kami putuskan untuk membentuk lingkar donor,” kenang Usman mahasiwa Jurusan Manajemen, Unhas angkatan 2007 ini.

Terdapat sekitar 50 orang anggota LDM tersebar diberbagai kampus di Kota Makassar seperti Unhas, Politeknik Negeri Ujung Pandang, STIMIK Dipanegara, STIEM Bongaya, dan UMI. Sementara jaringan anggota lingkar donor terdapat di kampus UNM, UIN dan UNISMUH.

Setiap harinya LDM menerima permintaan 20 hingga 50 kantung darah, namun pada kondisi minim, kadang hanya tiga kantung darah perhari tergantung permintaan dari Rumah Sakit mitra yakni RS Wahidin Sudirhusodo, RS Pendidikan Unhas, RS Ibnu Sina, RS Bhayangkara dan RS Pelamonia.

Selain membantu menyediakan stok darah bagi pasien, tak jarang dalam proses pendampingannya LDM membantu keluarga pasien mengurusi proses administrasi guna mendapatkan pelayanan di yang maksimal di RS. “Kami coba putus pembayaran pasien, misalnya mereka ternyata mempunyai surat Jamkesmas, Jamkesda, atau Askes kami bantu proses administrasinya sehingga biaya pengambilan darahnya bisa gratis” tutur Usman. (DN)


Penulis : Akhmad Dani
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com