Jum'at, 21 September 2018

Liburan ke Makassar? jangan Lupa Kunjungi 3 Tempat Bersejarah Ini

2 bulan yang lalu | 9:18 am
Liburan ke Makassar? jangan Lupa Kunjungi 3 Tempat Bersejarah Ini

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (20/6/2018) – Makassar merupakan salah satu kota yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata alam sampai kuliner tersedia di sini, siap menjadi destinasi untuk melepas segala kepenatan. Akomodasi lain seperti hotel atau penginapan juga tidak pernah sepi.

Hotel di Makassar cukup banyak, membuat wisatawan tak perlu bingung untuk memilih. Begitupun layanan transportasi, banyak yang bisa Anda gunakan jika berada di kota ini.

Salah satu yang tak boleh Anda lewatkan dari Kota Angin Mamiri ini adalah wisata sejarahnya.

Objek-objek wisata berkaitan dengan sejarah Kerajaan Gowa sampai perjuangan kemerdekaan melawan penjajah pastinya patut disambangi untuk menambah pengetahuan sembari berlibur

1. Monumen Mandala

Makassar pernah memegang peranan penting dalam usaha pembebasan Irian Barat tahun 1966 dengan menjadi markas pusat komando. Itulah yang mendasari pembangunan Monumen Mandala yang terletak di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman.

Berbentuk segitiga sama sisi, bangunan bersejarah ini memiliki menara yang mencapai ketinggian sekitar 75 meter.

2. Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam)

Di Jalan Ujung Pandang, tak jauh dari Pantai Losari, sebuah benteng tua berbentuk penyu berdiri. Bangunan yang juga disebut Benteng Panyyua ini dibangun pada tahun 1545 pada masa Kerajaan Gowa.

Bentuk tersebut melambangkan harapan kerajaan agar bisa berkuasa di laut dan daratan.

Di benteng yang juga bernama Benteng Ujung Pandang (Jumpandang), Anda akan mendapati beberapa bangunan tua sarat sejarah seperti menara, penjara, dan gereja.

3. Makam Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro adalah seorang pahlawan nasional dari Jawa yang dikenal dengan perjuangannya mengusir penjajah. Namun, siapa sangka bahwa peristirahatan terakhir pangeran ini justru berada di Makassar.

Anda dapat menemukan kompleks pemakaman tersebut di Jalan Pangeran Diponegoro. Di tempat ini, terdapat 66 buah makam yang mencakup makam sang Pangeran beserta keluarga dan pengikut setianya.

Meskipun dimakamkan jauh dari daerah asalnya, unsur Jawa yang kental terlihat di kompleks pemakaman. Pintu gerbang berbentuk gapura simetris berarsitektur Jawa siap menyambut Anda di bagian depan.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com