Minggu, 23 September 2018

Lezatnya Ikan Bakar Makassar ala Pelabuhan

3 bulan yang lalu | 2:40 pm
Lezatnya Ikan Bakar Makassar ala Pelabuhan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (6/5/2018) – Berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, tentu tak akan lengkap jika tidak disertai wisata kuliner. Salah satu yang menjadi tujuan utama adalah ikan bakar. Apalagi, ikan bakar khas Makassar memiliki cita rasa yang berbeda dengan ikan bakar dari daerah lain, terutama dari Pulau Jawa.

Makang ikang, begitu frase “makan ikan” dalam lidah orang Makassar, juga menjadi agenda utama dalam Jelajah Kuliner Makassar yang digelar Bango sebagai bagian dari Festival Jajanan Bango 2018 yang digelar Sabtu (5/5) dan Minggu (6/5) di Makassar. SP dan beberapa media asal Jakarta berkesempatan untuk mengikuti acara itu, sekaligus menikmati kelezatan kuliner Makassar.

Setibanya kami di Makassar pada Jumat (4/5), pakar kuliner Arie Parikesit yang menjadi pemandu langsung mengajak rombongan ke Rumah Makan (RM) Paotere, yang berlokasi di pelabuhan Paotere.

Di RM Paotere, pengunjung bisa memilih ikan sendiri, sekaligus metode memasaknya. Apakah dibakar atau dimasak kuah menjadi Pallumara, kuah bening bercita rasa asam gurih. Untuk metode bakar, terdapat tiga cara yang populer di Makassar, yakni bakar polos, bumbu rica dan pareppe. Ikan yang dipilih umumnya adalah ikan cepa, baronang, sunu, kakap dan kaneke.

Yang menarik untuk diperhatikan adalah cara masyarakat Makassar membakar ikannya. Jika di Pulau Jawa ikan dibakar langsung di atas perapian atau panggangan, hal berbeda dilakukan di Kota Anging Mamiri ini.

“Di sini, ikannya tidak langsung dibakar di atas api, melainkan dialasi dengan daun pisang terlebih dahulu. Sehingga kulit ikan tidak gosong dan kering,” jelas Arie. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com