Rabu, 20 November 2019

Lawan Golput dan Hoax, Himapol Unhas Gelar Sekolah Politik Pemula

9 bulan yang lalu | 9:36 am
Lawan Golput dan Hoax,  Himapol Unhas Gelar Sekolah Politik Pemula

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) Fisip Unhas menggelar sekolah politik pemula bagi sejumlah siswa SMA/SMK/MA se-Kota Makassar, Minggu (17/2). Kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan politik pada masyarakat, khususnya pemilih pemula.

Kegiatan yang bertajuk “Mewujudkan Generasi Muda Berwawasan Politik Cerdas dan Berintegritas” ini dikuti oleh sejumlah siswa yang tergabung dalam organisasi sekolah seperti OSIS, MPK, Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR).

Beberapa peserta yang hadir, diantaranya berasal dari SMA Negeri 17 Makassar, SMA negeri 5 Makassar, SMA 6 Makassar, SMA 21 Makassar, SMA Muhammadiyah 6, SMK Yapmi, dan SMA 9 Makassar. Sekolah politik tersebut akan memberikan sejumlah materi bagi siswa diantaranya pengantar politik, managemen sosial media, dan teknik debat.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 16-17 Februari. Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan seminar puncak pada tanggal 20 Februari mendatang.

“Kegiatannya seru, banyak ilmu baru. Saya berharap kegiatan ini bisa diadakan setiap tahunnya agar anak muda mengetahui arti politik yang sesungguhnya,” kata Suryanti Abbas dari SMA 6 Muhammadiyah Makassar di sela-sela kegiatan.

Ona Mariani, salah satu pemateri dalam Sekolah Politik ini, mengatakan suara pemilih pemula dengan jumlahnya yang besar akan menjadi target bagi kontestan pemilu. Olehnya itu dia berharap para pemilih pemula yang hadir pada kegiatan tersebut untuk tidak golput atau menjadi korban politik uang.

“Yang harus kita ketahui bersama adalah, suara kita sebagai generasi muda itu menjadi incaran dan turut menjadi penentu utama hasil pemilu tahun ini, jadi teman-teman jangan sampai suaranya mau dibeli atau bahkan ikutan golput” jelas Ona.

Selain kampanye anti golput, kegiatan ini juga mengajak generasi muda melawan HOAX dan mengampanyekan politik bersih. Salah satunya dengan membuat boom hastag #PolitikSehat #PolitikCerdas #PolitikBerintegritas #HimapolUnhas di beberapa media sosial. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com