Sabtu, 23 Juni 2018

Kuliner Makassar Penggoyang Lidah Itu Bernama ‘Sop Konro’

2 tahun yang lalu | 8:28 am
Kuliner Makassar Penggoyang Lidah Itu Bernama ‘Sop Konro’

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (23/10/2015)Makassar tidak hanya kaya menawarkan destinasi wisata pantai yang menarik tetapi juga menawarkan wisata kuliner dengan berbagai macam jenis masakan. Salah satunya adalah sop konro.

Sop konro merupakan sop iga sapi yang berasal dari Bugis atau Makassar. Masakan yang memiliki kuah berwarna coklat kehitaman ini memiliki rasa yang kaya akan rempah. Dibumbui dengan aneka rempah seperti lengkuas, kapulaga, kayu manis, cengkih, asam jawa, bawang, kemiri, jinten, dan kluwek yang membuat warna hitam pada kuah sop. Masakan ini juga menawarkan variasi kering lho sobat traveler, namanya konro kering.

Sop yang sekilas mirip tengkleng ini biasanya disajikan bersama nasi putih dan sambal. Namun, ada juga yang memakannya dengan ketupat yang dipotong-potong kecil. Sop konro memiliki rasa yang kuat akan ketumbarnya.

Untuk memasak sup konro ini diperlukan waktu hingga 7 jam lho, sobat traveler. Gak heran kalau daging yang menempel pada rusuk dalam sup ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Bumbunya pun meresap dengan sempurna. Sop konro cocok disantap saat malam hari karena kuahnya dapat menghangatkan tubuh.

Anda dapat menemukan sop konro ini di warung-warung yang ada di sekitar Kota Makassar seperti di Jalan Sam Ratulangi, Makassar. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com