Selasa, 16 Januari 2018

KPU Sulsel Optimis Angka Golput Menurun

3 tahun yang lalu | 2:52 am
KPU Sulsel Optimis Angka Golput Menurun

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Komisoner KPU Sulsel, Mardiana Rusli, masih optimis tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan presiden tahun ini akan lebih tinggi ketimbang pilpres 2009.

Menurut Mardiana, angka partisipasi pemilihan legislatif pada 9 April lalu, yang mencapai 73 persen, menjadi dasar peningkatan partisipasi pemilih pada pilpres 9 Juli mendatang, terlebih popularitas kedua capres-cawapres yang terbilang tinggi.

Untuk sosialisasi sendiri, Ia mengaku pihaknya telah membuat rancangan kerja sosialisasi dan beberapa agenda kegiatan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Sementara itu, Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris, meyakini angka partisipasi pemilih pada pilpres tahun ini akan meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh massifnya sosialisasi yang dilakukan kandidat dan tim pemenangan capres-cawapres.

“Faktornya karena kali ini hanya ada 2 calon atau head to head, ini akan menjadi warna tersendiri bagi masyrakat Indonesia dimana nantinya tidak akan kebingungan menentukan pilihan, apalagi akhir-kahir ini mereka massif melakukan sosialisasi,” jelas Suwadi melalui telpon selulernya.

Suwadi menambahkan Pilpres kali ini telah menjadi perbincangan hangat sampai sampai pada masyarakat tingkat bawah. “Ini sudah menjadi pembicaraan publik, bahkan masyrakat pedesaan sudah cenderung membicarakan Pilpres,” tutur Suwadi.

Kedua, lanjut Suwadi, pasangan capres kali ini sangat popular. Mereka aktif tampil dalam media elektronik mapun cetak sehingga masyarakat nantinyaakan berbondong-bondong ke bilik suara 9 Juli nanti.

“Saya minta KPU juga memanfaatkan hal ini dengan melakukan sosialisasi kepada masyrakat mengenai hari dan tanggal pencoblosan,” tandas Suwadi. (AR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com