Senin, 22 Oktober 2018

KPU Rapikan Data TPS 2014

4 tahun yang lalu | 8:18 am
KPU Rapikan Data TPS 2014

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Masyarakat kini dapat mengakses dan mengetahui data lengkap seluruh tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu 2014, dari halaman resmi KPU Demikian diucapkan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman.

Menurut Arief, data TPS yang disusun dalam sistem informasi logistik (Silog) pemilu tersebut, ditampilkan secara lengkap dengan format berdasarkan provinsi, kabupaten, dan kota. Dengan langkah ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengetahui TPS di mana nantinya ia akan memilih.

“Demikian juga dengan jumlah panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK), pemilih, surat suara, tinta sidik jari, formulir, kotak suara dan bilik suara, semuanya diinformasikan secara lengkap dalam Silog,” katanya.

Menurut Arief, Silog juga menyediakan peta distribusi logistik pemilu untuk seluruh Indonesia. Baik jalur darat, udara, maupun jalur laut. Dalam peta distribusi logistik tersedia longitude (garis bujur) dan latitude (lintang) yang berfungsi memudahkan pencarian titik koordinat suatu daerah.
Sehingga memudahkan petugas melakukan distribusi lewat udara jika jalur darat dan jalur laut tidak efektif digunakan.

“KPU juga menggunakan sistem informasi data pemilih (sidalih) dalam tahap pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih. Sistem ini digunakan untuk meningkatkan keakurasian data pemilih, keterbukaan dan kemudahan akses publik terhadap data pemilih,” ungkap Arief.

Sidalih, kata Arief, juga memiliki fungsi konsolidasi data. Sebagai contoh, mengkonsolidasikan sumber data pemilih yang berasal dari daftar Penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) pemerintah dan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu terakhir secara efektif dan efisien. (AR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com