Selasa, 25 Juli 2017

Kenang Perjuangan RA Kartini, IWAPI Sulsel Gelar Lomba Kebaya

3 bulan yang lalu | 2:36 pm
Kenang Perjuangan RA Kartini, IWAPI Sulsel Gelar Lomba Kebaya

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (29/3/2017) – Hari Kartini selalu identik dengan busana Nasional atau kebaya. Kebaya juga merupakan ciri khas pakaian wanita Indonesia. Zaman dahulu sampai era tahun 1990an kebaya masih merupakan satu-satunya busana yang dipakai para gadis dan ibu-ibu di setiap perayaan atau undangan pesta-pesta.

Mendiang Kartini yang memperjuangkan hak juga emansipasi wanita, patut dihargai walaupun beliau telah wafat lebih dari satu abad lalu. Sosok pahlawan nasional Kartini memang membawa banyak perubahan dan kebaikan, khususnya bagi perempuan Indonesia agar dapat memperoleh pendidikan setinggi-tingginya, juga kesempatan bekerja.

Untuk mengenang sosok Kartini tersebut, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (DPD IWAPI) Sulsel menggelar lomba kebaya dalam gelaran pameran fashion terbesar di kawasan timur Indonesia, FEMME & Celebes Beauty Fashion Week 2017 yang berlangsung selama lima hari sejak 29 Maret hingga 2 April 2017.

Ketua panitia lomba Kebaya Kartini FEMME, Dewi Talli mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba kebaya tersebut adalah mengenang dan menghormati jasa dan perjuangan Kartini. Pesertanya dari pengurus DPC IWAPI se Sulawesi Selatan. Selain itu juga ada dari IKAWAN kota Makassar dan PERSIK. Masing-masing tim mengutus dua orang perwakilan masing-masing untuk tampil memperagakan kebaya Kartini.

“Ini adalah wujuda kecintaan dan semangat meneruskan perjuangan RA Kartini khususnya dalam hal kesetaraan gender sebagai sumber energy baru dan inspirasi bagi para perempuan tanah air”, jelas Dewi

Ketua Umum DPD IWAPI Sulsel, Ida Noer Haris dalam sambutannya mengatakan ini rasa syukur dan kebanggan bagi perempuan Indonesia karena memiliki sosok panutan yakni R. A Kartini sebagai pejuang yang mampu mengangat derajat kaum wanita. Bahkan Istri Haris Yasin Limpo ini mengaku terharu saat memakai kebaya dan sanggul khas Kartini.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com