Rabu, 28 Oktober 2020

Kasus Bansos, ACC: Jaksa Lindungi Pelaku Lain

6 tahun yang lalu | 11:06 am
Kasus Bansos, ACC: Jaksa Lindungi Pelaku Lain

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM ā€“ Majelis Eksaminasi kasus Bansos ACC menyebut surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) tidak serius menangani kasus bansos Sulsel yang merugikan negara Rp 8 miliar lebih. JPU terkesan melindungi pelaku-pelaku yang lain, yang juga seharusnya dimintai pertanggungjawaban pidana sesuai kewenangan dan perbuatannya.

Padahal, dengan jelas diurai peranan pihak seperti Kepala Biro Kesejahteraan Agama dan Pemberdayaan Perempuan (KAPP), Kepala Biro Keuangan Pemprov Sulsel, sejumlah anggota legislatif DPRD Sulsel periode 2004-2009, serta beberapa LSM (ormas) fiktif, termasuk Gubernur Sulsel.

Gubernur Sulsel pada periode tersebut (Amin Syam, Red), dalam kapasitasnya sebagai kepala daerah, dinilai lalai untuk membuat dan menetapkan Peraturan Kepala Daerah tentang pedoman Tata Cara Pemberian dan Pertanggungjawaban Bantuan Sosial sebagaimana diperintahkan dalam pasal 133 ayat 3 PP No. 13.

Seharusnya jaksa yang melakukan penyidikan mengejar bentuk perbuatan dan pelaksanaan mereka masing-masing.

Selain itu, tim eksaminasi yang digawangi oleh Prof. Marwan Mas, Prof. H. Hambali Thalib, dan Dahlang, S.Ag., SH., MH ini menemukan bukti yang disita dalam persidangan hanya 14 macam. Padahal, ada bukti yang sangat kuat dan bisa menyeret siapa saja. Namun bukti tersebut tidak disita dan tidak menjadi fakta persidangan. (NM)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com