Kamis, 19 Oktober 2017

Karena Gondrong, Mahasiswa Kehutanan Unhas Dilarang Ikut Kuliah

3 tahun yang lalu | 4:06 am
Karena Gondrong, Mahasiswa Kehutanan Unhas Dilarang Ikut Kuliah

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Beberapa mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan perdana, Senin (3/2). Hal ini berkaitan dengan aturan yang diberlakukan oleh pihak fakultas yang melarang mahasiswa berambut panjang/gondrong.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan beberapa rekannya tidak diperbolehkan mengikuti kuliah lantaran memiliki rambut panjang. Dia juga mengaku kalau tidak pernah ada sosialisasi terkait peraturan ini sebelumnya akan digulirkan. “Dilarang masuk kuliah karena rambut gondrong,” ucapnya.

Bukan hanya itu, salah seorang mahasiswa yang juga tidak ingin disebutkan namanya menganggap apa yang dilakukan oleh pihak Fakultas tidaklah mencerminkan seorang yang arif. Menurutnya, apa yang dilakukan pihak Fakultas Kehutanan Unhas tersebut berlainan dari cita-cita pendidikan tinggi yang sesungguhnya mesti diperhatikan bagaimana membentuk karakter yang mapan secara intelektual.

“Kami ini kuliah untuk menjadi orang yang kaya akan pengetahuan. Bukan menjadi orang yang dilihat dari penampilan tetapi pengetahuan yang kami miliki. Apa hubunganya rambut dengan pengetahuan yang kami akan dapat?,” tegasnya.

Dia juga menambahkan agar pihak fakultas lebih memperhatikan kurikulum yang dianggap sudah usang guna peningkatan kualitas belajar mengajar di kampus dari pada hanya memikirkan hal-hal yang tidak penting seperti itu.

Selain larangan gonrong, mahasiswa juga dilarang memakai sandal, kaos oblong dan beberapa aturan lain yang dituliskan dalam sebuah banner yang ditempatkan di depan ruang-ruang kelas. (AR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com