Minggu, 20 Oktober 2019

Kampung Budaya Paropo dan Rama Jadi Target Pengembangan Wisata

6 bulan yang lalu | 9:11 am
Kampung Budaya Paropo dan Rama Jadi Target Pengembangan Wisata

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (28/3/2019) – Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar berencana akan mengembangkan enam destinasi wisata baru di tahun 2019 ini. Beberapa diantaranya terletak di wilayah kepulauan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Makassar, Kamelia Thamrin Tantu, pengembangan destinasi baru itu dilakukan guna menambah jumlah kunjungan wisatawan di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

“Tahun ini kami memiliki enam destinasi wisata baru dan yang akan dikelola oleh masyarakat sendiri. Bukan lagi oleh pemerintah,” sebutnya ditemui di kantornya, Rabu (27/03/2019) kemarin.

Ada pun keenam destinasi wisata baru itu, masing-masing desa wisata Pulau Lakkang di Kecamatan Tallo, Pulau Samalona dan Pulau Laelae di Kecamatan Sangkarrang.

Sedang tiga lainnya merupakan kampung budaya, yakni Kampung Budaya Paropo dan Kampung Rama di Kecamatan Panakkukang, serta Kampung Budaya Bontorannu di Kecamatan Mariso.

“Kampung Rama dijadikan seperti little Toraja lah. Jadi harapannya dengan adanya little Toraja, wisatawan yang tidak sempat ke Toraja, bisa berfoto bahkan bisa membeli souvenir di tempat tersebut,” terang Kamelia Thamrin.

“Selanjutnya Bontorannu yang berdasarkan hasil musrenbang masyarakat Kecamatan Mariso yang menjadi destinasi baru. Kemudian ada landmark di Pulau amalona. Kemudian ada gazebo di Pulau Laelae,” sambungnya.

Menyusul pengembangan destinasi wisata baru itu, Dispar Makassar juga akan membentuk kelompok sadar wisata. Kelompok itulah yang diharapkan menjadi motor penggerak mempromosikan dan mengelola lokasi wisata itu nantinya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com