Kamis, 5 Desember 2019

Kala Teater: Festival Kala Monolog Kembali digelar di Makassar

2 bulan yang lalu | 1:41 am
Kala Teater: Festival Kala Monolog Kembali digelar di Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (5/9/2019) – Festival Kala Monolog kembali digelar di Makassar, Kamis 5 September 2019. Festival yang dicetuskan di tahun 2009 oleh KALA TEATER merupakan event teater tahunan kota Makassar.

Kali ini diselenggarakan untuk kali ke-11 di Etika Studio, Jalan Tamalate, Kecamatan Rappocini, berlangsung 5-8 September 2019.

Festival Kala Monolog digagas oleh Kala Teater merupakan organisasi nirlaba yang bergerak di bidang seni budaya. Festival ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas aktor-aktor teater dan memetakan kehadiran aktor-aktor khususnya di Makassar.

Tahun ini tema yang diangkat adalah “Menafsir Sure’ I Lagaligo” diharapkan melalui tema ini tokoh dan kisah dalam sure’ I Lagaligo lebih dikenal di masyarakat.

Festival Kala Monolog 11 diikuti oleh 9 peserta yaitu Sri Midan Lombu’u dari Sanggar Seni Pangngadereng Stimlash Jaya Makassar, Masrufan Susanto dari BKMJ Lentera HMJ Bahasa Inggris FBS UNM, Mega Herdiyanti, Ridha Kusumawardhani dari BKMJ Lentera HMJ Bahasa Inggris FBS UNM, Andi Taslim Saputra dari Komunitas Utara Senja, Ilham Hasradinata dari UKM sb eSA, Andi Hanun Salsabila dari LSBM Estetika, Muh. Fahrizam dari SSB BSF IAIN BONE, dan Muh. Dedy Sasmita dari Teater Indie.

Anggi Purnamasari, Direktur Festival, menyampaikan bahwa selain kompetisi monolog Festival Kala Monolog 11 juga menyelenggarakan serangkaian workshop, pelatihan dan diskusi.

“Penyelenggaraan festival ke-11 ini diharapkan bisa mempertebal rasa ingin melestarikan kesenian terutama dibidang teater itu sendiri,” katanya.

Festival Kala Monolog terselenggara atas dukungan dari pribadi dan kelompok yang memiliki atensi terhadap perkembangan kesenian dan kebudayaan di Makassar.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pegiat seni untuk lebih mengasah kepekaan dalam berkesenian khususnya dibidang teater,” ujar Wawan Aprilianto selaku penikmat teater.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com