Jum'at, 24 Mei 2019

Jerman Tawarkan Investasi Kereta Api ke Pemkot Makassar

2 bulan yang lalu | 3:05 pm
Jerman Tawarkan Investasi Kereta Api ke Pemkot Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (26/2/2019) – Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW), sebuah grup bank terkemuka asal Jerman, tertarik berinvestasi bidang transportasi, Light Rail Transportation (LRT), di Kota Makassar.

Tim KFW Bank of German, yang diwakili Marko Davilla dan Dirk Schneider, menemui langsung Pemerintah Kota Makassar, Rabu kemarin (26/2).

Kepala Bagian Perekonomian dan Kerjasama Kota Makassar, Najiran Syamsuddin, mengatakan
sebelum Jerman, ada juga tawaran serupa untuk pembangunan LRT dari Australia dan Korea.

“Bulan 6 sudah akan melakukan desiminasi, apa saja yang benar-benar dibutuhkan dari sistem kereta api di Makassar,” ujarnya.

Terkait mekanisme kerjasama, Najiran menyebut, jika bentuknya hibah internasional investasi, maka akan disalurkan ke pemerintah pusat, kemudian ke provinsi, dan selanjutnya ke Makassar. Apalagi Makassar juga tengah menunggu Perpres RI, tentang perkeretaapian sebagai landasan hukumnya.

“Semua memiliki peluang. Kalau KFW merupakan funding komisi Eropa sedangkan ADB di Asia. Tapi kalau ADB prosesnya bisa lebih capat, karena hibah langsung tersalurkan ke kota penerima tanpa tender,” tutur Najiran.

Adapun tim KFW, menawarkan proyek itu sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan dan sebagai fasilitas transportasi publik di Makassar.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, menyambut baik tawaran kerjasama tersebut.

Dia mengatakan, proyek LRT sejalan dengan 10 mimpi besar yang telah digaungkan Pemkot Makassar.

“Kami sangat apresiasi hal itu. LRT masuk top ten investment kita. Salah satunya juga New Balaikota, yang juga kita telah rencanakan stasiun LRT di situ. Jadi, nyambung,” kata Danny.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com