Kamis, 16 Juli 2020

Jelang PSBB, Pemkot Makassar Gelar Rapid Test Massal

3 minggu yang lalu | 6:12 am
Jelang PSBB, Pemkot Makassar Gelar Rapid Test Massal

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (23/4/2020) – Jelang penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, Pemkot Makassar bergerak melakukan rapid test COVID-19 di seluruh Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar, Kamis (23/4/2020).

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan, tes ini dilakukan sehari sebelum Ramadan mengingat kecenderungan warga yang biasanya ragu melakukan pemeriksaan darah saat sedang menjalankan ibadah puasa.

“Ini kita lakukan untuk mengidentifikasi lebih cepat warga kita yang telah terpapar agar bisa segera dilakukan isolasi. Saat ini penyebaran yang banyak terjadi adalah local transmission yang dilakukan oleh orang tanpa gejala (OTG). Ini yang berbahaya jika tidak segera kita temukan untuk diisolasi,” katanya seperti dikutip dalam siaran pers.

Iqbal Suhaeb pun melakukan pemantauan secara langsung di dua Puskesmas berbeda, yakni di Puskesmas Makkasau dan Puskesmas Jongaya.

Sejumlah warga tampak antre menunggu giliran untuk melakukan pengambilan sampel darah. Mereka cukup memperlihatkan KTP untuk registrasi serta nomor telepon untuk dihubungi saat hasil tes telah keluar.

Pemkot sendiri, kata Iqbal, telah menyiapkan 10.000 alat rapid rest di seluruh Puskesmas secara gratis. Warga yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19, PDP, ataupun pernah melakukan perjalanan jauh, dipersilakan untuk melakukan rapid rest.

“Silahkan datang, yang positif ada temannya, keluarganya, termasuk yang selama ini merasa ragu-ragu apakah terjangkit atau tidak, silakan datang ke Puskesmas untuk diperiksa” kata Iqbal.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com