Rabu, 21 November 2018

Jelang Musim Hujan, Bapeda Habiskan Rp 1,5 Miliar

5 tahun yang lalu | 12:04 pm
Jelang Musim Hujan, Bapeda Habiskan Rp 1,5 Miliar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kota Makassar menambah alat pengeruk sedimen dalam menyusun upaya penanggulangan bencana kemungkinan terjadinya banjir memasuki musim penghujan tahun ini.

Kepala Bapeda, Syahrir Sappaile mengatakan, beberapa titik ruas jalan yang patut diwaspadai terjadinya genangan air saat musim hujan mengguyur kota Makassar, diantaranya adalah jalan AP. Peterani dan Andi Ence Dg. Ngoyo. Olehnya itu, jauh hari sebelumnya, Bappeda telah menambah 2 unit alat pengangkutan sedimen yang menelan biaya sebesar Rp. 1,5 Miliar per unitnya.

“Beberapa titik ruas jalan di Makassar saat musim penghujan tiba biasa membuat genangan air di mana-mana, sehingga untuk tidak mengganggu para pengguna jalan, kita harus melakukan antisipasi sedari awal,” kata Syahrir Sappaile.

Syahrir menambahkan, selain itu pengelolaan sampah sebanyak 30 unit kontainer yang juga sudah tidak layak pakai akan ditambah menjadi 100 unit. Meskipun menurut Syahrier, idealnya Makassar membutuhkan 425 unit untuk bisa mengjangkau semua sampah yang ada`di Makassar. Namun, karena alasan anggaran yang hanya sekitar 44 Milyar dari APBD, belum bisa menjangkau pemenuhan akan alat konteiner.

“Sebanyak 50 persen penambahan untuk fasilitas pengelolaan sampah dan kebersihan, selain kontener sebanyak 5 unit truk yang ikut diperadakan untuk mendukung terciptanya Makassar yang bebas dari sampah,” kata Syahrir saat ditemui di kantornya, Jum’at (14/11).

Lebih lanjut, Syahrir mengatakan, selama tahun 2013 periode Januari hingga Oktober kemarin, Bappeda telah menggelontorkan Rp. 1,4 Triliun untuk pembiayaan belanja langsung, dan sebanyak Rp. 900 Miliar untuk belanja tidak langsung, dimana anggaran tersebut berasal dari PAD sebesar Rp. 598 Milyar. (NR)


Penulis : Nirwan
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com