Senin, 23 Oktober 2017

Jelang Evaluasi Kinerja, Pemkot Makassar Rampungkan 80 Persen LPPD

2 bulan yang lalu | 1:09 pm
Jelang Evaluasi Kinerja, Pemkot Makassar Rampungkan 80 Persen LPPD

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/7/2017) – Jelang EKPPD (Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) Tahun 2017, Pemerintah kota (Pemkot) Makassar merampungkan 80 persen LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah).

Tim EKPPD Tahun 2017, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berasal dari Inspektorat Sulsel dan BPKP Perwakilan Provinsi Sulsel menyambangi Balaikota Makassar, Selasa, 25 Juli 2017 kemarin.

Mereka diterima Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), dan camat di ruang Sipakalebbi, lantai 2 Balaikota.

“Bagian tersulit dari penyusunan LPPD telah dilalui. Pemkot Makassar mampu menyelesaikan 20% sisa laporannya sebelum Desember. Sisa mengecek saja hasil laporan,” kata Inspektur Sulsel Muhammad Yusuf Sommeng, via rilis humas, Rabu (26/7/2017).

Selama empat hari Tim EKPPD Sulsel akan melakukan evaluasi terhadap LPPD Pemkot Makassar tahun 2017.

Evaluasi itu dirampungkan sebelum Tim EKPPD dari pusat turun melakukan pemeriksaan pada Desember nanti.

Tim EKPPD Pusat berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan BPKP. Hasil akhir EKPPD Pemkot Makassar Tahun 2017, menentukan peringkat penilaian kinerja Pemkot Makassar.

Tahun ini (2017) Makassar mendapatkan penilaian Kota Berkinerja Terbaik/Tertinggi Nasional dalam EKPPD Tahun 2016 terhadap LPPD 2016.

Ada 900 lebih indikator penilaian yang digunakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Otda Kemendagri RI, dalam menentukan kota dengan kinerja terbaik atau tertinggi nasional.

Diantaranya, laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, Informasi Keuangan Daerah, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Daerah, dan indikator lainnya semisal kebijakan, kelembagaan, dan SDM pada otonomi daerah.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com