Jum'at, 22 September 2017

IPI Prediksi Prabowo Hanya Menang di 2 Provinsi Sulawesi

3 tahun yang lalu | 2:53 pm
IPI Prediksi Prabowo Hanya Menang di 2 Provinsi Sulawesi

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Lembaga survey Indeks Politica Indonesia (IPI) memprediksi perolehan suara pasangan capres Prabowo-Hatta hanya akan menang di dua provinsi di Sulawesi.

Menurut direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwandi Idris dari 6 provinsi yang ada di pulau Sulawesi, pasangan Jokowi-JK hampir dipastikan akan menang di 4 provinsi.

“Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Sulawesi Utara menjadi milik pasangan Jokowi-JK. Sedangkan Prabowo Hatta akan meraih kemenangan di Sulawesi Tengah dan Sulawesi tenggara,” jelas Suwandi.

Analisis Suwandi ini berdasarkan dengan analisis basis massa kedua pasangan Capres dan Cawapres dan pemimpin daerah tersebut. Untuk Sulsel dan Sulbar, kendati kedua daerah ini termasuk lumbung suara partai Golkar sebagai pengusung Prabowo-Hatta, mayoritas masyarakat tetap akan memilih pasangan Jokowi-JK.

“Untuk di Sulsel dan Sulbar sendiri sepertinya pimpinan daerah yang merupakan kader Golkar tidak bisa berbuat banyak dengan sosok JK yang sangat dekat dengan masyarakat di daerah tersebut. Untuk Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara JK saya prediksi akan tetap mendulang suara,” jelasnya.

Sementara, Prabowo-Hatta diprediksi akan menang di Sulawesi Tengah karena Gubernurnya, Longki Djanggola, merupakan kader partai Gerindra dan Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam ketua DPW PAN.

“Untuk Sulawesi Tengah dan Tenggara, kedua gubernurnya berasal dari dua partai pengusung utama pasangan Prabowo-Hatta. Mereka ini memiliki basis massa yang sangat besar dan militan,” tandasnya.

Terpisah, ketua DPD Gerindra Sulsel La Tinro La Tunrung masih optimis dapat menang di Sulsel. “Sampai saat ini saya masih optimis dapat menang di Sulsel, tunggu saja hasilnya nanti,” singkat La Tinro. (AR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com