Minggu, 25 Juni 2017

Ini Hasil Survei IDEC di 4 Kabupaten di Sulawesi Tengah

1 tahun yang lalu | 3:55 am
Ini Hasil Survei IDEC di 4 Kabupaten di Sulawesi Tengah

Baca Juga

PALU, WARTATIMUR.COM (22/11/2015) – Indonesia Development Engineering Consultant (IDEC), baru saja merilis hasil survei terbaru  atas empat kabupaten di sulawesi tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 desember tahun 2015 yakni kab. Morowali utara, Kabupaten Sigi, Kab. Tojo una-una, dan Kabupaten Poso sepanjang bulan Oktober –November.

Akmal Ali, sebagai project officer tim peneliti IDEC menjelaskan survei kali ini menjadi penting untuk merekam polarisasi pasangan calon yang potensial yang akan memenangkan pertarungan di empat kabupaten. Sengaja kami mengambil waktu survei pada bulan oktober- November, karena ‘polarisasi pemilih dalam menentukan sikap baru mulai kelihatan di bulan ini’.

Untuk kabupaten morowali utara, pasangan nomor urut 4 yakni Idham Ibrahim-Heymans larope menjadi kandidat paling potensial memenangkan pilkada kabupaten baru mekar ini. Sedangkan untuk kabupaten sigi, pasangan Nurzain-Ayub dan Irwan lapata-Paulina saling bersaing ketat.  Walau bukan tidak mungkin Agus Lamakarate-Wardah menjadi kandidat pilihan alternatif, mengingat masih begitu besarnya pemilih yang belum menetapkan pilihan di kabupaten ini.

Sementara itu, untuk kabupaten Poso pasangan Darmin sigilipu- Samsuri bersaing dengan Wirabumi Kaluti- Krisnajaya Syaiban. Untuk Kabupaten Tojo una-una pertarungan dua kakak beradik yakni Mahmud lahay dan Mohammad lahay juga memiliki angka elektabilitas yang saling berdekatan.

Akmal Ali, menegaskan bahwa sikap pemilih di beberapa kabupaten pada pilkada serentak 2015 kali ini,  sebagian besar baru akan menentukan pilihan pada minggu terakhir bulan November dan pekan awal desember. “Untuk menjadi pemenang, akan sangat ditentukan oleh kemampuan kandidat dan tim sukses mereka dalam memetakan polarisasi wilayah startegis, pemetaan daerah rebutan antar kandidat,  dan yang paling  utama yakni tersampaikannya sterategi program kandidat ke pemilih.  (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com