Jum'at, 24 November 2017

Ingin Ikut Sayembara Desain New Balai Kota Makassar, Daftar Disini

2 minggu yang lalu | 6:17 am
Ingin Ikut Sayembara Desain New Balai Kota Makassar, Daftar Disini

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (23/10/2017) – Kepala Dinas Pekrjaan Umum (PU) Makassar, Muh Ansar menjelaskan rencana pembangunan gedung new Balai Kota Makassar ini diawali dengan sayembara desain. Tujuannya demi memperoleh ide rancangan wujud integrasi menjawab seluruh kebutuhan administrasi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tanpa meninggalkan tatanan kearifan lokal kota ini.

“Jadi kita memberikan ruang partisipasi dan keluasan kesempatan kepada seluruh element masyarakat dan menumbuh kembangkan iklim kompetitif bagi seluruh anak bangsa,” akunya, Senin (23/10/2017).

Adapun rencana pembangunan gedung new balai kota terletak di kawasan Pantai Losari, Jalan Metro Tanjung Bunga. New balai kota ini rencananya akan dibangun bertingkat dengan struktur 36 lantai. Anggaran pembangunannya dibutuhkan kerja sama dari pihak investor nantinya.

Sebagai langkah awal Dinas PU membuka pendaftaran peserta sayembara melalui Bidang Bina Teknik dengan memasukkan formulir di linksekretariat.iai@gmail.com dan penghargaaniai@gmail.com.

Kepala Bidang Bina Teknik, M Ansuar mengatakan para peserta juga bisa menggali informasi dan mendaftarkan diri secata langsung di kantornya di kantor gabungan dinas, Jalan Urip Sumihardjo no 8.

Pengambilan dokumen berlangsung mulai tanggal 23 Oktober-15 November. Kemudian dilanjutkan dengan agenda penjelasan teknis, 16 November. Kemudian peserta diwajibkan memasukkan karyanya mulai hari ini hingga 10 Desember disertai dengan tahap penjurian awal.

Setelah itu agenda pengumuman nomine, 11 Desember, dan penjurian tahap ke dua 16 Desember sekaligus dilakukan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah.

“Pendaftaran, dibuka di jam kerja. Informasi tambahan akan disampaikan pada waktu penjelasan sayembara. Peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran,” jelasnya.

Lanjutnya sayembara ini dibuka secara umum untuk dua kategori peserta, yakni pelajar (student) dan kategori professional yang masing-masing akan memperoleh uang tunai jika karyanya dinyatakan menang.

Pemenang pertama dengan kategori pelajar akan memperoleh uang tunai sebesar Rp20.000.000 dan pemenang kedua Rp10.000.000. Kemudian pemenang pertama kategori professional dihadiahi uang Rp80.000.000 dan untuk pemenang kedua Rp40.000.000. Karya peserta akan dinilai langsung dari unsur akademisi, arsitek dan unsur pemerintahan.

“Peserta kategori professional bisa individual dan berkelompok dengan jumlah peserta maksimal tiga orang. Untuk pelajar dari program studi arsitek, perseorangan, kelompok yang mana setiap karyanya didampingi minimal satu orang dosen,” terang Ansuar.

Dia menambahkan para peserta harus membuat konsep dan gagasan desain pembangunan diantaranya terkait dengan image, ikonik, universal, kuat, unik, dan modern dengan ciri “semangat ke-Makassar-an yang kuat”.

Dimana rencana fisik bangunan gedung akan dibangun dua tower kembar, Sombere and Smart City. Tower sombere berfungsi sebagai kantor balai kota dan tower smart city berfungsi sebagai perkantoran, hotel, dan apartemen komersial.

Bangunan dasar, kata Ansuar berfungsi sebagai lahan parkir, marina phinisi, lobby, pelayanan publik, museum kota, kantor MUI dan FKUB, gedung pramuka, PKK, Dharma Wanita, Dekranasda, KONI, Karang Taruna, LPM, Forum RT/RW,

“Bangunan dasar ada dua lantai basement dan enam lantai fungsional. Filosofi fasad bangunan adalah Gerbang Masa Depan dengan konsep energy berbasis Green Building. Kedalaman desain bersifat skematik dan semua paten sayembara akan menjadi hak milik Pemkot Makassar,” tandasnya.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com