Selasa, 23 Oktober 2018

Indeks Pembangunan Manusia di Parepare Meningkat

4 tahun yang lalu | 3:29 pm
Indeks Pembangunan Manusia di Parepare Meningkat

Baca Juga

PAREPARE, WARTATIMUR.COM – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Parepare terus mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir. Kepala Bappeda Kota Parepare, Zahrial Djafar, mengatakan, pada 2012, IPM Kota Parepare meningkat signifikan dibanding tahun 2011.

Pada tahun 2011, IPM Kota Parepare sebesar 78,19. Satu tahun kemudian, angka ini kembali meningkat menjadi 73,19. Kepala Bappeda Kota Parepare, Zahrial Djafar, mengatakan, peningkatan ini terkait meningkatnya angka melek huruf dan partipasi kasar anak usia sekolah.

Hal ini disampaikan Zahrial, di sela-sela kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kota Parepare di Hotel Kenari, Jumat (28/2) Kegiatan ini dihadiri perwakilan Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan ini, Zahrial juga mengungkap 10 program prioritas Wali Kota Parepare yang akan dilaksanakan dalam lima tahun kedepan. Kesepuluh program priorotas tersebut selanjutnya dituangkan menjadi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Koya Parepare periode 2013-2018.

Kesepuluh program tersebut, pertama adalah gratis dari lahir hingga akhir hayat. Kedua, program insentif peduli. Ketiga, menghadirkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berpihak kepada rakyat. Empat, pendidikan berkualitas dan prima.

Selanjutnya, enam program kesehatan dengan pelayanan prima. Tujuh, pemenuhan kebutuhan dasar warga dengan mengendalikan harga kebutuhan pokok. Delapan, perluasan lapangan kerja. Sembilan, penyediaan sarana air bersih dan lingkungan hidup, serta mewujudkan parepare sebagai kota toleransi antar umat beragama, dan optimalisasi Kota Parepare sebagai sentra kawasan ekonomi terpadu. (NM)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com