Selasa, 23 Oktober 2018

IDEC gelar diskusi Merayakan Kembali Era Pilkada Langsung

3 tahun yang lalu | 12:32 am
IDEC gelar diskusi Merayakan Kembali Era Pilkada Langsung

Baca Juga

Wartatimur.com- indonesia development engineering consultant (IDEC) menggelar sebuah diskusi yang bertajuk “menyambut kembali era pilkada langsung”. Diskusi yang digelar pada 8 April 2015 di coffee lovers Makassar jl.Jenderal Urip Sumoharjo No.26 tersebut, menghadirkan Prof. Marwan Mas pakar hukum tata negara Univ 45 makassar, Rahmad M Arsyad Direktur Riset IDEC dan Misnah M Attas selaku anggota KPU sulawesi selatan.

Diskusi tersebut, membahas berbagai persoalan menjelang  pilkada langsung utamanya beberapa hasil analisis IDEC jelang putaran pertama pemilihan kepala daerah serentak desember 2015.

Dalam pemaparanya Rahmad M Arsyad, direktur riset IDEC memaparkan 9 temuan IDEC jika pemilihan langsung putaran pertama akan tetap digelar, utamanya “potensi kandidat petahana yang akan semakin besar memenangi hampir seluruh pilkada langsung di beberapa wilayah Sulawesi selatan dan sulawesi tengah”.

Sementara itu, prof marwan mas menekankan hubungan pilkada langsung dan korupsi. Dalam pemaparanya, Marwan mas menyampaikan korupsi kepala daerah mayoritas terjadi akibat pembiayaan pilkada langsung yang sangat besar.

Sementara itu, Misnah anggota KPU sulawesi selatan menekankan perubahan regulasi melalui undang-undang Pilkada  yang saat ini berlangsung memiliki tujuan untuk meminimalisir korupsi termasuk membatasi potensi kecurangan dalam pemilukada.

 


Penulis : ABR
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com