Minggu, 23 September 2018

IDEC Bakal Survey 21 Pilkada di Sulawesi

4 tahun yang lalu | 10:25 am
IDEC Bakal Survey 21 Pilkada di Sulawesi

Baca juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Indonesia Development Engineering Consultant (IDEC) kembali akan melakukan survei jelang pemilihan kepala daerah di beberapa kabupaten/kota di tiga propinsi yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Menurut direktur riset IDEC, Rahmad M Arsyad, untuk tahun 2015 IDEC memang mencanangkan program penelitian dengan tema ”Pembangunan dan Kepemimpinan Lokal”.

“Melalui program ini, IDEC rencananya akan melakukan penelitian pada 21 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah pada tahun 2015, utamanya untuk menyusun indeks presepsi publik menyangkut capaian pembangunan dan figur kepemimpinan lokal baru,” ujar dosen Universitas Binus Jakarta ini, Sabtu (24/8), saat dihubungi Wartat Timur.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2015, di tiga propinsi akan ramai dengan sejumlah pilkada. Untuk propinsi sulawesi tengah setidaknya ada 7 pemilihan kepala daerah yakni Kabupaten Poso, Tolitoli, Tojo Una-una, Sigi, Kota Palu, Morowali Utara dan Banggai Laut.

Sementara itu, di Sulawesi Barat ada tiga wilayah yang rencanya akan melaksanakan pemilukada yakni kabupaten mamuju, mamuju utara, dan mamuju tengah. Adapun kabupaten di Sulawesi Selatan endiri terdiri atas sebelas daerah yakni kabupaten selayar, Bulukumba, Gowa, Maros, Soppeng, Pangkep, Barru, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Kami punya keinginan besar, berkontribusi untuk mendorong lahirnya kepemimpinan lokal yang mampu mendorong percepatan pembangunan di kepulauan sulawesi, bukan sekedar melahirkan pemenang pilkada,” jelas Rahmad.

Berbagai kegiatan survei IDEC selama ini juga bertujuan untuk mendokumentasikan proses demokrasi lokal yang berjalan dan menjadikanya bahan studi yang bermanfaat bagi berbagai kalangan. Sebagai contoh dari Pilwali Makassar 2013 yang lalu, IDEC sudah melahirkan setidaknya dua buku yakni “Perang kota dan Kontestasi Elite Boneka” dan buku “Politik Kota”.

“Selain itu, data hasil riset IDEC selama ini juga berkontrbusi membantu sejumlah bahan jurnal, skirpsi, tesis dan disertasi mahasiswa dari sejumlah universitas yang menjadikan hasil bahan penelitian IDEC sebagai rujukan,” tambahnya.

Untuk program riset IDEC tersebut, akan berdurasi satu tahun lebih, dimulai dari September 2014 hingga desember 2015. “Kami optimis bisa melaksanakanya utamanya setelah tiga angkatan sekolah riset IDEC dan program kemitraan dengan sejumlah kalangan yang selama ini kami jalankan, Insya Allah program ini bisa berjalan,” tutup Rahmad M. Arsyad. (IR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Warta Timur
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com