Jum'at, 24 November 2017

HUT Makassar, Dua Nama Jalan Baru akan Diresmikan

2 minggu yang lalu | 6:09 am
HUT Makassar, Dua Nama Jalan Baru akan Diresmikan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/10/2017) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar secara resmi akan melakukan penggantian dua nama jalan, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-410 di Kota Makassar, pada 9 November 2017 mendatang.

Jalan yang mengalami pergantian nama, yaitu Jalan Landak Baru berubah menjadi Jalan Andi Djemma. Kemudian Jalan Kakatua menjadi Jalan Pajonga Dg Ngalle.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, secara khusus, pihaknya akan mengundang keluarga dari Andi Djemma dan Pajonga Dg Ngalle, untuk menghadiri peresmian.

“Mengabadikan nama kedua pahlawan dari Sulewesi Selatan ini, merupakan bentuk penghargaan kita atas jasa-jasa mereka. Sehingga kita tentu wajib menghadirkan keluarga beliau yang masih hidup,” ungkap Danny saat rapat panitia HUT ke-410 Makassar, Ruang Sipakatau, Balaikota Makassar, Rabu (25/10/2017).

Diketahui, penetapan dan perubahan nama-nama jalan tersebut, merupakan tindaklanjut dari surat keputusan dari DPRD Kota Makassar tahun 2006, yang di tandatangani Wali Kota Makassar pada 23 Oktober 2017.

Terkhusus penetapan nama Andi Djemma sebagai salah satu nama jalan di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini, merupakan tindaklanjut dari usulan mahasiswa IPMIL Raya. Mengingat Raja Luwu yang wafat pada 23 Februari 1965 ini, telah dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia tanggal 8 November 2002.

Sementara, Pajonga Dg Ngalle adalah salah seorang pahlawan nasional Indonesia asal Kabupaten Takalar. Ia salah satu tokoh yang berperan penting dalam mendukung pemerintahan RI di Sulawesi.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com