Senin, 21 Mei 2018

Humas Makassar Didik Pelajar Pahami Jurnalisme Kemanusiaan

2 tahun yang lalu | 5:12 pm
Humas Makassar Didik Pelajar Pahami Jurnalisme Kemanusiaan

Baca Juga

Makassar, Wartatimur.com (19/10/2015) – Jurnalisme kemanusian dimaknai sebagai jurnalisme yang mendasarkan laporannya pada esensi dasar kemanusiaan atau nilai-nilai kemanusiaan. Seorang jurnalis yang memegang prinsip jurnalisme kemanusiaan akan memperhatikan prinsip – prinsip dasar kemanusiaan seperti kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan dalam peliputannya.

Isu kemanusiaan yang kerap dijadikan topik pemberitaan akan ditampilkan secara berimbang (cover both side) dengan menggunakan bahasa yang netral (tidak provokatif) dan cenderung menyejukkan. Jurnalis akan independen (mandiri) dalam menyajikan beritanya, tidak terkontaminasi dengan kepentingan pihak tertentu.

Pengetahuan dasar Jurnalisme Kemanusian perlu ditanamkan sejak dini di kalangan generasi muda. Mengingat, dinamika sosial yang berkembang belakangan ini, kian menjauhkan manusia dari potensi kemanusian dalam dirinya. Kriminalitas, penyakit sosial, dan kekerasan adalah tragedi yang acap kali menjadi konsumsi keseharian kita.

Pengenalan akan konsep dasar Jurnalisme Kemanusian kepada generasi muda digagas oleh Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat daerah (Setda) kota Makassar melalui Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan yang melibatkan 200 pelajar dari SMA, SMK, dan MAN se – kota Makassar. Bertempat di Hotel Dynasti, Senin (19/10).

Mukhtar Tahir, anggota KP3S Pemerintah kota (Pemkot) Makassar, mewakili Wali Kota Makassar, menyampaikan dukungan Pemkot Makassar terhadap kegiatan yang melibatkan pelajar SMA, SMK, dan MAN se – kota Makassar.

“Sangat penting bagi generasi muda, membekali diri dengan keterampilan menulis, apalagi menulis dengan memperhatikan prinsip – prinsip kemanusiaan, sehingga lahirnya potensi baru dalam hal pengetahuan jurnalistik berwawasan kemanusiaan di kalangan pelajar dapat tercapai,” sebut Mukhtar Tahir, dalam sambutan pembukaannya.

Generasi muda memegang posisi kunci dalam meneruskan estafet pembangunan. Melalui Pelatihan ini, Bagian Humas Setda kota Makassar berharap peserta pelatihan dapat mengetahui, mengerti, dan memahami jurnalistik serta dunia kepenulisan. Seperti yang diutarakan Kasubag Pengaduan Masyarakat Bagian Humas Setda kota Makassar, Fitri Juana, dalam laporan panitia yang dibacakannya mewakili Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda kota Makassar.

“Kegiatan ini bertujuan membentuk peserta yang peduli akan masalah sosial kemasyarakatan yang dituangkan dalam tulisan, dan terbentuknya lembaga pers bagi pelajar yang independen dan diharapkan mampu mengembangkan nilai – nilai kemanusiaan dan kreatifitasnya,” paparnya.

Selama sehari, peserta akan dibekali materi Peran Jurnalistik dalam Mengembangkan Nilai – Nilai Kemanusiaan. Peran Media Sosial dalam Penyebarluasan Nilai – Nilai Kemanusiaan. Teknik Dasar Penulisan, Reportase, dan Fotografi. Teknik Layout dalam Pembuatan Buletin Majalah Dinding (Mading), dan Praktek Pembuatan Buletin, dan Mading.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com