Rabu, 22 November 2017

Honorer K2 yang Lolos Harus Tes Ulang

2 tahun yang lalu | 6:55 am
Honorer K2 yang Lolos Harus Tes Ulang

Baca Juga

JAKARTA, WARTATIMUR.COM – Pengangkatan Honorer K2 jadi PNS akan diberlakukan tes ulang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, mengatakan seluruh pegawai honorer yang gagal lolos tes pada bulan November 2013 lalu harus mengikuti tes ulang. Dengan metode ini, maka hanya pekerja Honorer K2 yang lolos tes yang akan diangkat sebagai PNS.

Namun demikian, Yuddy Chrisnandi sebagai menteri Kemenpa-RB belum bisa memastikan tentang metode pengangkatan honorer K2 jadi PNS. Terkait mekanisme perekrutan pegawai akan tetap mengacu pada UU Aparatur Sipil Negara.

“Sedang kita rumuskan dan saya pelajari mekanisme rekruitmen pegawai sesuai dengan aturan UU Aparatur Sipil Negara (ASN). Yang jelas bagi honorer yang tidak lulus tes lagi untuk bisa jadi CPNS,” kata Yuddy dalam pertemuan Forum Honorer K2 Indonesia di kantor Kemenpan-RB, Kamis (27/11) lalu.

Adapun masalah data verifikasi dan validasi yang dikumpulkan dari para honorer dari berbagai daerah akan digunakan sebagai syarat pengangkatan honorer K2 jadi PNS yaitu mendaftar nama-nama yang boleh ikut dalam tes cpns.

Jika kemudian mereka para honorer tetap tidak lulus dalam tes ulang, maka pemerintah daerah yang bertanggung jawab terkait pengangkatan pegawai honorer. Apakah mereka tetap dipekerjakan atau diberhentikan terserah pejabat daerah namun harus diberi kompensasi.

“Kalau sudah beberapa kali tes selalu gagal dan usianya sudah lanjut ya pemda lah yang ngurus. Kan pemda yang angkat mereka,” tutur Yuddy. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com