Sabtu, 19 Oktober 2019

Guru Keluhkan Pengurusan NPSN

6 tahun yang lalu | 10:24 am
Guru Keluhkan Pengurusan NPSN

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar didatangi oleh sejumlah pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Senin (19/8). Kedatangan mereka untuk mengurus Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Pengurusan NPSN ini mewajibkan mereka memenuhi semua prasyarat untuk mendapatkan NPSN. Namun masih banyak pengelola PAUD yang kebingungan dalam pengurusan berkasnya.

Menurut Irma, salah satu guru kelompok bermain di Makassar,”Urus berkas NPSN ini yang bikin bingung, banyak sekali yang harus dilengkapi,” katanya.

Sebenarnya, pengurusan NPSN berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tahun 2008 tentang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional dan Surat Keputusan Kabalitbang Diknas Nomor 3574/G.G4/KL/2009, tanggal 22 Oktober 2009.

“Bagus kalau masing-masing sekolah punya nomor khusus, tapi mengeceknya harus pakai internet. Saya kan tidak tahu pakainya,” tambah Irma.

Hamzah, pegawai Dinas Pendidikan Kota Makassar, menjelaskan bahwa mengakses data via online akan memudahkan stakeholder sekolah. “Di website saja untuk tahu NPSN-nya sudah keluar atau belum, supaya tidak capek urusnya,” jelas Hamzah.

Pengurusan NSPN tujuannya agar terjadi sinkronisasi data pendidikan yang membedakan satu sekolah dan lainnya, sebagaimana yang dijelaskan di website kemendikbud. Pelaksanaannya memaksa masyarakat untuk melek teknologi. Namun tidak disertai sosialisasi maksimal.

“Masih banyak yang tidak ditahu, belum lagi kalau ada yang tinggal di daerah. Susah akses internet karena tidak ada sinyal,” tutup Irma. (NUFACH)


Penulis : Nurul Fajri
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com