Kamis, 5 Desember 2019

Guru di Pulau Dapat Tunjangan Rp500 Ribu Tiap Bulan

2 bulan yang lalu | 10:52 am
Guru di Pulau Dapat Tunjangan Rp500 Ribu Tiap Bulan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (3/9/2019) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memberikan perhatian khusus kepada tenaga guru yang bekerja di pulau. Perbulan, setiap guru baik berstatus ASN maupun kontrak mendapat tunjangan sebesar Rp500.000.

Naston, guru SMP Negeri 38 mengatakan, pemberian tunjangan oleh Pemkot Makassar melalui Dinas Pendidikan sudah dilakukan sejak dahulu, baik untuk guru ASN maupun kontrak. Hanya saja, jumlah yang disalurkan ke guru terjadi kenaikan hingga dua kali.

“Saya tidak tahu kapan pastinya, tapi pemberian ini sudah ada sejak jaman pak Ilham (wali kota 2004-2014). Awalnya 250 perbulan bulan tapi waktu periode akhir pak Ilham dia kasi naik jadi 500 ribu per bulan,” tandas Naston, Senin (2/9/2019).

Naston melanjutkan, pemberian tunjangan kepada tenaga guru ini sangat diharapkan oleh semua pendidik di pulau. Pasalnya, ada pemasukan tambahan selain gaji yang diterima.
“Ya justru inimi yang banyak diharapkan. Bisa menutupi transportasi dan tambahan penghasilan bagi guru, utamanya yang berstatus kontrak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SD Dinas Pendidikan Kota Makassar, Syamsuddin menyampaikan tenaga pendidik di pulau selalu menjadi perhatian khusus. Makanya setiap tahun diberikan anggaran berupa tunjangan.

Jumlah tunjungan dihitung sebanyak Rp500.000 perbulan yang dibagikan kepada setiap guru dan kepala sekolah yang bertugas di pulau.

“Langsung kita transfer dan masuk ke rekening masing-masing,” ungkap Syamsuddin.

Jumlah anggaran yang disiapkan mencapai Rp3 miliar pertahun. Saat ini telah dicairkan untuk lima bulan. Memasuki semester kedua baru akan dibayarkan sisanya.

Saat ditanya jumlah guru penerima, Syamsuddin mengaku tidak ingat jumlahnya. Akan tetapi berdasarkan sekolah, saat ini jumlah sekolah SD dan SMP yang berada di wilayah pulau sebanyak 16 sekolah.

“Jumlah guru penerima saya masih harus cek dulu,” paparnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com