Kamis, 27 Februari 2020

Golkar Usung Tunggal Kaswadi Razak di Soppeng, Nasdem tidak Aman?

1 minggu yang lalu | 12:41 pm
Golkar Usung Tunggal Kaswadi Razak di Soppeng,  Nasdem tidak Aman?

Baca juga

WARTATIMUR.COM – Kesempatan untuk mencoba  membangun  koalisi juga mewarnai dinamika kontestasi pilkada sulsel.  Perolehan jumlah kursi yang tidak mencukupi untuk  mengusung calon  sendiri  di sebuah  dapil,  membuat partai harus bersedia membuka diri untuk melakukan koalisi.

Hal ini seperti yang terjadi di Soppeng antara dua partai poros utama pilkada Sulsel yakni Nasdem dan Golkar.

Seperti  yang  diketahui  dua partai  ini memiliki jumlah kursi  yang cukup bersaing di beberapa daerah  yang akan ikut  serta melaksanakan pilkada serentak September  mendatang. Bahkan di dua daerah  seperti  di Pangkep dan Barru, keduanya mendapatkan  jumlah kursi  yang sama.

Khusus pada pilkada Soppeng, Golkar memiliki jumlah kursi   yang lebih banyak  di bandingkan Nasdem.  Partai  berlogo beringin tersebut  mendapatkan  12 kursi, sedangkan Nasdem hanya memperoleh  5 kursi.  Hal ini membuat  Nasdem harus membuka pintu koalisi untuk  mengusung calonnya di Soppeng.

Diketahui  bahwa pada pilkada ini, Nasdem yang lebih  dini mengumumkan rekomendasi  calon kepala  daerah di Soppeng, mengusung Kaswadi Razak Bupati petahana sekaligus  ketua DPD Golkar untuk berpasangan dengan kadernya Lutfi Halide.

Hal ini berbeda dengan hasil rapat pleno  antara Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel dan Tim IX Penjaringan Cakada Golkar Sulsel,yang justru  mengusung tunggal Kaswadi Razak tanpa wakil.

Melihat  fakat tersebut  Indonesia Development Engineering Consultan (ide-C)  menilai bahwa langkah  Golkar untuk mengusung   tunggal Kaswadi Razak,  ini membuktikan bahwa Golkar  belum akan menerima  sinyal koalisi dari Nasdem di pilkada mendatang.  Hal ini tentu  akan membuat  posisi Nasdem tidak aman untuk  menduduki  kursi wakil bupati untuk wilayah Soppeng.

 


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com