Selasa, 24 April 2018

Garuda Indonesia Buka Rute Makassar-Palembang

1 bulan yang lalu | 1:58 am
Garuda Indonesia Buka Rute Makassar-Palembang

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (17/1/2018) – Maskapai Garuda Indonesia mulai Rabu (17/1/2018) membuka rute domestik baru secara langsung antara Makassar dan Palembang. Hal tersebut tentunya akan memudahkan wisatawan karena tidak perlu transit di Jakarta kala terbang dari Makassar menuju Palembang atau sebaliknya.

Untuk penerbangan ini Garuda Indonesia akan menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000 dengan kapasitasnya 96 penumpang.

Frekuensi penerbangan Makassar-Palembang sebanyak 4 kali dalam sepekan. Wisatawan bisa memilih flight pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Penerbangan dari Makassar pukul 17.55 WITA dan akan tiba di Palembang pukul 19.35 WIB.

Sedangkan dari Palembang, dijadwalkan pukul 20.15 WIB dan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin pukul 23.55 WITA.

Direktur Marketing dan Teknologi Informasi PT. Garuda Indonesia Nina Sulistyowati menjelaskan Jumlah penumpang di Makassar dan Palembang di tahun 2017 tinggi. Kenaikan juga sangat signifikan. Tidak ada salahnya kalau ke dua poros ini dihubungkan.

Untuk memberi kenyamanan, kami siapkan pesawat Bombardier CRJ-1000. Kapasitasnya 96 penumpang, cukup ideal untuk rute baru ini.

“Destinasi di Palembang dan Makassar memang bagus. Rute Makassar-Palembang juga menjadi poros ekonomi. Rute ini juga membuka lebar akses dari bagian timur dan barat Indonesia,” ujar Nina.

Palembang kini menjadi magnet bagi wisatawan. Grafik peningkatan itu terlihat dari jumlah penumpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II). Sepanjang 2017, SMB II dipadati 4,7 juta penumpang. Jumlah itu pun naik 16,69% atau 666,9 ribu penumpang dari tahun 2016.

Makassar pun demikian dimana sepanjang 2017 jumlah penumpang Bandara Sultan Hasanuddin mencapai 12,3 juta. Angka itu naik 14% dari tahun 2016. Hal ini juga ditandai jumlah pergerakan pesawat sebanyak 113.759 unit. Jumlah flight ini juga mengalami kenaikan 13% dari musim 2016.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung dengan di bukanya rute baru tersebut. Apalagi, di 2017 silam, jembatan udara (konektivitas) masuk ke dalam program prioritas Kemenpar bersama go digital dan homestay desa wisata.

“Rute baru Makassar-Palembang merupakan terobosan yang luar biasa. Destinasi dan infrastruktur di kedua wilayah tersebut sangat bagus. Respon wisatawan ke sana juga besar. Rute ini juga sangat strategis, terutama bagi daerah di sekitarnya. Artinya, peluang jumlah kunjungan wisatawan akan sama-sama semakin besar,” tegas Arief.

Palembang merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Tidak hanya menjadi kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan tetapi Palembang merupakan kota tertua di Indonesia, hal ini berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang.

Palembang banyak memiliki destinasi yang menarik. Bahkan, tahun inipalembang bersama Jkaarta menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018.

Sementara Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan dan berada di tengah kepulauan Indonesia dengan penerbangan tersibuk di bagian timur. Bandar Udara Sultan Hassanudin saat ini adalah salah satu bandara termodern di Indonesia yang menghubungkan para pelancong dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan, serta sekitar Sulawesi sendiri. Sementara itu ke arah jauh di timur Indonesia menjadi lanjutan penerbangan dari dan ke Maluku dan Papua.

Dengan dibukanya rute penerbangan langsung antara Palembang dan Makassar maka aksesibilitas pariwisata melalui udara semakin terbuka lebar. Pergerakan wisatawan di kedua kota tersebut dipastikan semakin mudah dan perjalanan kini jadi semakin nyaman serta efisien. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com