Minggu, 15 Desember 2019

Gandeng 90 Perusahaan, Job Fair Makassar Target Serap Ribuan Tenaga Kerja

2 bulan yang lalu | 11:50 am
Gandeng 90 Perusahaan, Job Fair Makassar Target Serap Ribuan Tenaga Kerja

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (22/8/2019) – Job Fair Makassar 2019 melibatkan 90 perusahaan dari berbagai bidang. Mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, perbankan, perhotelan, hingga jasa keuangan. Tahun ini, pelaksanaan event ini ditargetkan mampu menyerap 2.500 tenaga kerja.

Pelaksanaan Job Fair Makassar 2019 berlangsung di Four Poin by Sheraton Hotel, Rabu-Kamis (21-22/8/2019). Para pencari kerja diimbau untuk terlebih dulu mendaftar secara online melalui laman website e-bursakerja.kemnaker.go.id sebelum datang ke acara tersebut.

“Kami harapkan para pencari kerja yang datang ke sini (job fair) agar mendaftar dulu lewat online, karena itu sebagai pass sebelum masuk ke sini dan itu harus di scan barcode dulu sebagai tanda bahwa mereka sudah mendaftar lewat online,” kata Kepala Bidang Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Makassar, Andi Rahmat.

Ia menyebutkan pendaftaran secara online ini juga penting untuk membantu pemerintah dalam memantau pencari pekerja sampai ditempatkan di perusahaan yang diminati. “Dari sini kita bisa lihat berapa yang mendaftar dan kita bisa pantau mereka sampai diterima di perusahaan yang diminati. “Kalaupun belum terserap di job fair kali ini kan bisa kita berikan pelatihan ataupun latihan khusus sebagai bekal awal sebelum masuk dunia kerja,” sambung Rahmat.

Dia berharap 90 perusahaan yang dilibatkan bisa menyerap sedikitnya 2.500 tenaga kerja. Terlebih lagi, perusahaan yang terlibat kali ini baru berekpansi di Makassar sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. “Kita hadirkan lebih banyak perusahaan agar masyarakat bebas memilih,” katanya.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, yang membuka acara ini berharap agar kegiatan seperti ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga bisa menekan jumlah pengangguran di Kota Makassar. “Saya melihat partisipasi calon tenaga kerja kita sangat banyak. Ini mencerminkan betapa banyaknya anak-anak kita membutuhkan kerja.” ujar dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS) Sulsel, angka pengangguran di Kota Makassar berada pada kisaran 12,19% dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 8,44%. Bahkan di akhir 2018, Kota Makassar berada diatas Provinsi Sulsel 7,07% dengan pertumbuhan ekonomi 5,18%.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com